Sukses

Apresiasi 50 Desa Kreatif di Kabupaten Kampar, Menparekraf: Bisa Tingkatkan Wisatawan Berkunjung

Apresiasi diberikan oleh Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahudin Uno terhadap peresmian 50 Desa Kreatif di Kampar.

Liputan6.com, Kampar Pengembangan wisata di berbagai desa di Indonesia terus didorong oleh pemerintah pusat maupun daerah. Salah satu daerah yang mendorong desa menjadi kawasan wisata nan kreatif adalah Kabupaten Kampar. Apresiasi pun diberikan oleh Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahudin Uno terhadap peresmian 50 Desa Kreatif di Kampar.

Hal tersebut disampaikannya ketika menghadiri secara virtual acara peresmian 50 Desa Menuju Desa Ekonomi Kreatif di Desa Tanjung Belit, Kecamatan Kampar Kiri Hulu, Minggu (18/9/2022).

"Kami berharap dengan peresmian ini, para kepala desa untuk dapat mengembangkan wisata di desa masing-masing sehingga bisa meningkatkan wisatawan yang berkunjung,"ungkapnya.

Sementara itu, Pj Bupati Kampar Dr Kamsol menyampaikan bahwa, tujuan dibentuknya desa wisata ini merupakan wujud dalam mendukung kemajuan pariwisata di setiap desa yang ada di Kabupaten Kampar. Guna mewujudkan hal tersebut, program Desa Ekowisata Ramah Anak Peduli Perempuan (Derapp) Kampar dijalankan.

Ia pun berharap, dengan adanya Desa Kreatif ini, kemajuan pariwisata dan ekonomi di Kabupaten Kampar tercipta.

"Semoga ke depan dengan adanya Desa kreatif, serta akan dipercaya sebagai ketua Ketua Asosiasi Desa Kretaif Indonesia Provinsi Riau, ini menjadi awal kemajuan pariwisata di Kabupaten Kampar," kata Kamsol.

"Selain itu, mampu meningkatkan ekonomi masyarakat melalui produk-produk unggulan yang ada di setiap desa yang bisa dijual yang disejalankan dengan Perbankan dan marketplace," tambahnya.

Selain 50 Desa Kreatif, sebanyak 50 Desa di Kabupaten Kampar juga masuk dalam Desa Menuju Desa Kreatif. Sebelum peresmian, Dr Kamsol juga melantik secara langsung Forum UMKM Kampar. Ia juga melantik 14 Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) wilayah Kecamatan Kampar Kiri Hulu.

Peresmian secara virtual tersebut dilakukan langsung oleh Pj Bupati Kampar Dr H Kamsol, MM yang juga dihadiri oleh Anggota DPR RI Dr. Syahrul Aidi Ma'azad, Staf Ahli Kementrian Lingkungan Hidup dan Kehutanan Dr Afni, Ketua Asosiasi Desa Kretaif Indonesia (ADKI) Pusat Fikri El Azis, Sekda Kuansing Dedi Syambudi, Ketua TP-PKK Kampar Deswita Kamsol.

 

(*)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini