Sukses

Guru Besar UI Nilai Duet Prabowo-Erick Thohir Punya Bekal Komplit untuk Kerek Elektabilitas

Keikutsertaan Prabowo di tiga kali kontestasi demokrasi dinilai sangat mempengaruhi tingginya elektabilitas yang dimiliki Menteri Pertahanan itu.

Liputan6.com, Jakarta- Temuan Lembaga Survei Indonesia (LSI), duet Menteri Pertahanan Prabowo Subianto dan Menteri BUMN Erick Thohir menempati elektabilitas teratas sebagai capres-cawapres pada Pemilu 2024. Guru Besar Universitas Indonesia (UI) Prof Hamdi Muluk menilai duet Prabowo Subianto dan Erick Thohir mempunyai bekal komplit untuk menggerek elektabilitas.

Prof Hamdi mengatakan keikutsertaan Prabowo di tiga kali kontestasi demokrasi sangat mempengaruhi tingginya elektabilitas yang dimiliki Menteri Pertahanan itu. Menurutnya Prabowo sudah memiliki basis masa yang sudah dibangunnya sejak lama.

“Prabowo sebagai orang yang pernah running tiga kali pilpres, tentu elektablitasnya sudah tinggi dibanding yang lain yang belum pernah ikut pilpres. Sosok Prabowo sebagai yang dapat sekitar 42 persenan di Pilpres lawan Jokowi dua kali, tentu sudah punya pengikut yang jelas,” terang Prof Hamdi, Rabu (7/9/2022).

Sementara untuk Erick Thohir, Prof Hamdi menilai salah satu yang mendongkrak elektabilitasnya terus mencuat adalah dukungan dari relawan Jokowi. Orang nomor satu di Kementerian BUMN ini dianggap berjasa telah berhasil mengantarkan pasangan Jokowi-Ma’ruf menjadi Presiden Indonesia.

“Erick Thohir adalah ketua kampanye Jokowi di 2019, dia diasosiasikan dengan pengikut Jokowi, tentu lebih populer di mata pengikut Jokowi,” kata Prof Hamdi.

Selain itu, Erick Thohir juga mampu menampilkan kinerja moncer ketika mengomandoi Kementerian BUMN. Hal tersebut membuat masyarakat melihat jika sosoknya adalah pemimpin berhasil, sehingga elektabilitas Ketum Masyarakat Ekonomi Syariah (MES) ini pun terus terdongkrak naik.

“Faktor kedua Erick Thohir sebagai Menteri BUMN, kinerja Erick Thohir cukup bagus. Sering tampil juga di publik dalam kapasitas sebagai Menteri BUMN,” pungkasnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Teratas Versi LSN

Lembaga Survei Nasional (LSN) merilis hasil penelitian yang dilakukan pihaknya dalam kurun waktu 29 Agustus-2 September 2022 di 34 provinsi, di mana salah satunya membahas soal elektabiltas para kandidat yang digadang-gadang maju sebagai calon presiden di Pemilu 2024.

Adapun Menteri Pertahanan Prabowo Subianto menempatkan posisi teratas sebagai capres pilihan publik jika Pemilu dilakukan hari ini. Melalui pernyataan tertutup, pria yang juga menjabat sebagai Ketua Umum Gerindra itu meraih 30,6%. 

Kemudian di bawahnya mengikuti Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, lalu ada nama Gubernur Jakarta Anies Baswedan, dan diikuti oleh Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, dan Ketum Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY).

"Ganjar Pranowo 18,9%, dan Anies Baswedan 16,8%, Ridwan Kamil 7,5%, dan AHY 5,4%," kata Direktur Eksekutif LSN Gema Nusantara dalam rilis surveinya, Senin (5/9/2022).

Kemudian ada nama Menteri BUMN Erick Thohir dengan raihan 4,2%, disusul Menparekraf Sandiaga Uno 1,8%. Ada nama Ketua DPR Puan Maharani dan Menko Perekonomian Airlangga Hartarto dengan raihan 1,5%, serta Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar 1,1%.

"Undecided (voter) sebesar 10,7%," jelas Gema.

Dia pun mengungkapkan, dari hasil tersebut suara Prabowo cenderung menguat.

"Di lain pihak dukungan terhadap Ganjar Pranowo dan Anies Baswedan cenderung mandeg," ungkap Gema.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • H. Prabowo Subianto Djojohadikusumo adalah seorang pengusaha, politisi, dan mantan perwira TNI Angkatan Darat.
    H. Prabowo Subianto Djojohadikusumo adalah seorang pengusaha, politisi, dan mantan perwira TNI Angkatan Darat.

    Prabowo

  • Erick Thohir kini menjabat sebagai Menteri BUMN di Kabinet Indonesia Maju.

    Erick Thohir

  • Pemilihan umum legislatif yang disingkat sebagai Pemilu tahun 2024 akan mulai dilaksanakan pada 14 Februari 2024.

    Pemilu 2024