Sukses

Polda Metro Jaya Akan Gelar Street Race 2 Bulan Sekali

Dirlantas mengaku mendapat instruksi dari Kapolda Metro Jaya untuk terus memperbarui konsep street race.

Liputan6.com, Jakarta - Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya berkomitmen untuk menjadikan street race sebagai ajang balapan berkelanjutan. Pelaksanaan street race Polda Metro Jaya seri keempat atau terbaru, berlangsung selama dua hari di Jalan Benyamin Sueb Kemayoran, Jakarta Pusat.

"Iya, nanti rencana setiap dua bulan sekali pasti akan dilaksanakan," kata Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Pol Latif Usman di Kemayoran, Jakarta Pusat, Minggu (4/9/2022).

Latif mengaku mendapat instruksi dari Kapolda Metro Jaya untuk terus memperbarui konsep street race. Arahannya agar ajang ini menjadi wadah bagi seluruh komunitas balap untuk menyalurkan hobi.

"Kan perintah Kapolda lagi mencari konsep. Konsepnya bagaimana sih biar betul-betul seluruh akar rumput para pecinta balap liar yang belum terangkul di sini agar masuk ke kegiatan ini. Biar tidak terjadi keributan, kecelakaan, tanpa adanya pengawasan kami. Sehingga diharapkan inilah sarana di Jakarta sudah ada," terang dia.

Sehingga, kata Latif balapan-balapan liar nantinya bisa dihilangkan. "Karena untuk menjaga keselamatan dan ketertiban umum, itu tujuan kami," ucap dia.

Latif mengatakan, kawasan Benyamin Sueb sebagai lokasi street race terbaru, dinilai paling ideal. Hal ini dilihat dari animo, tempat, hingga peserta. 

"Makanya kami fasilitasi. Terpenting adalah energi-energi mereka yang berlebih, kita salurkan di sini secara positif. Tapi kalau tanpa pengawasan, itu akan menjadi hal negatif. Bisa mencelakakan diri sendiri dan mengganggu ketertiban umum," ujar dia.

Latif menyebut, beberapa kategori yang dimainkan masing-masing ada kelas seperti Ninja dan RX King. Street race Polda Metro Jaya diikuti 500 peserta.

"Kami batasi, kalau itu lepas itu hampir 2.500 an. Karena waktu, tempat, sarana prasarana. Hari kemarin saja sampai pukul 00.00 WIB baru selesai," ucap dia.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Kapolda Metro Geber Motor Drag di Acara Street Race Kemayoran

Di tengah perhelatan acara Street Race, Ada satu momen di mana Kapolda Metro Jaya Irjen Fadil Imran sedang mengeber-geber motor drag salah satu milik peserta street race di jalan Kemayoran, Jakarta Pusat.

Momen tersebut berlangsung ketika Fadil telah meresmikan acara Street Race.

Dalam pantauan di lokasi, Kapolda Fadil tampak berjalan ke stand booth milik para peserta lomba. Fadil yang mengenakan baju dinasnya sambil mengenakan sunglasses sesekali berbincang kepada para peserta.

Ketika Fadil hendak berhenti di salah satu booth, Jenderal Bintang dua tersebut hendak mengetes gas motor yang telah dimodif.

Kapolda pun langsung mengeber-geber motor tersebut dengan tarikan gas berulang-ulang. Sontak para peserta di sekitar langsung bertepuk tangan sambil bersorak sorai senang.

 

3 dari 3 halaman

Satu Aspal Satu Bangsa Indonesia

Sebelumnya, Fadil telah meresmikan acara street Race yang diselenggarakan Polda Metro Jaya dan Ditlantas Polda Metro Jaya. Adapun acara tersebut mengusung tema Satu Aspal Satu Bangsa Indonesia.

Kata Kapolda, acara yang diselenggarakan di jalan Benyamin Sueb merupakan acara yang berbeda dari sebelum-sebelumnya. Mengingat di kawasan Kemayoran merupakan jalanan yang kerap dijadikan lintasan balap liar.

"Ini sejarah dalam acara terbesar di jalan umum sepanjang 500 meter yang menyatukan seluruh pembalap dari berbagai daerah," ungkap Fadil dalam sambutannya, Sabtu (3/9/2022).

Ia juga mengungkapkan acara balapan bergaya jalanan tersebut dapat menjadi inovasi bagi komunitas lainnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.