Sukses

Polda Metro Jaya Cari Lokasi Street Race Harian

Polda Metro Jaya sedang mencari lokasi untuk balap jalanan (street race) harian agar bisa digunakan masyarakat.

Liputan6.com, Jakarta Polda Metro Jaya sedang mencari lokasi untuk balap jalanan (street race) harian agar bisa digunakan masyarakat. Hal ini untuk mencegah terjadinya balap liar sepeda motor di beberapa lokasi.

"Ke depan ikhtiar dan inovasi ini belum selesai. Mimpi kami Polda Metro Jaya kita dapat berkolaborasi menemukan lokasi yang menjadi fasilitas yang bisa digunakan setiap hari," kata Kapolda Metro Jaya Irjen Fadil Imran di Jakarta, seperti dilansir Antara, Sabtu (3/9/2022).

Dia mengatakan, pencarian lokasi yang sesuai untuk memfasilitasi kegiatan balap jalanan akan menjadi tantangan. Namun, hal itu harus dilakukan untuk memberi wadah bagi pemilik hobi balap agar tidak melakukan balap liar.

"Setop trek-trekan dan blokir jalan umum. Kalau teman-teman bersatu dan kooperatif, pasti kita akan fasilitasi," ujar Fadil.

Balap jalanan alias street race tersebut diharap bisa menjadi pemicu terbentuknya ekosistem balap. Yang nantinya, harap dia, pengelolaan agenda balap jalanan tersebut diserahkan kepada komunitas balap.

"Mimpi saya ke depan bukan lagi diselenggarakan Polda Metro Jaya, tapi sudah dilaksanakan oleh teman-teman sendiri," ujar Fadil.

Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya pada hari Sabtu ini kembali menggelar ajang balap jalanan seri keempat di Jalan Benyamin Sueb, Kemayoran, Jakarta Pusat.

Tiga ajang serupa telah digelar oleh Ditlantas Polda Metro di Ancol, Jakarta Utara, Bumi Serpong Damai, Tangerang Selatan dan Meikarta, Cikarang Bekasi.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Berlangsung 2 Hari

Street Race Polda Metro Jaya kembali digelar pada 3 September 2022 dan 4 September 2022. Kali ini, memanfaatkan ruas Jalan H Benyamin Sueb, Kemayoran sebagai trek balap.

"Street Race Polda Metro Jaya seri keempat diadakan pada tanggal 3-4 September 2022," kata Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya Kombes Pol Latif Usman saat dihubungi, Rabu (24/8/2022).

Latif menerangkan, pihaknya masih menyiapkan sarana dan prasana. Sejauh ini, tipikal dan konstruksi Jalan Kemayoran dinilai cukup bagus. Selain itu, mampu menampung para pembalap dan penonton sehingga lebih nyaman.

"Kami lagi matangkan kesiapannya. Nanti tempatnya di Jalan Benyamin Sueb," ujar dia.

Latif mengatakan, street race seri keempat dibagi beberapa kategori diperuntukkan untuk kendaraan roda dua dan seluruh tipe kendaraan. Diundang juga sepeda motor gede untuk ikut mencoba di arena ini. Kuota dibatasi hanya untuk 500 peserta.

"Saya berpesan ke para penghobi daftarkan segera dan masyrakat semuanya itu ada beberapa kegiatan," ujar dia.

Selain street race, ada gelaran tinju dan UMKM sehingga masyarakat bisa nikmati kuliner yang ada di Jakarta.

"Kita juga gelar vaksin booster di mana vaksin ini kita akan perhatikan ke masyarakat berkebutuhan khusus," kata dia.

3 dari 3 halaman

1.025 Pembalap

Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya menggelar ajang balap jalanan atau street race. Balapan itu dilangsungkan hari ini, Sabtu (3/9/2022) di kawasan jalan Benyamin Sueb, Kemayoran, Jakarta Pusat.

Menurut Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Latif Usman, 1.025 pembalap sudah mendaftarkan diri untuk adu cepat hari ini.

"Total 1.025 orang. Ada yang fun race, ada yang komunitas sama ada yang battle. Jadi dari pagi sudah kita laksanakan fun race," ujar Latif dalam keterangan pers diterima, Sabtu (3/9/2022).

Latif menjelaskan, ajang balap tersebut berlangsung hari ini hingga besok, Minggu, 4 September. Dia mengimbau  agar tidak ada masyarakat yang memasang taruhan dan mencederai semangat positif para pebalap.

"Kegiatan ini adalah menyalurkan hobi bukan sensasi tapi mencari prestasi. Jadi ini energi-energi positif mari kita tuangkan ke sini," minta Latif.

Latif berharap, dengan adanya sejumlah seri balap sejenis yang difasilitasi Polda Metro Jaya maka balapan liar yang biasanya muncul akan sirna.

"Pak Kapolda akhirnya fasilitasi dengan street race ini sehingga diharapkan tidak ada lagi (balap liar) karena sudah kita salurkan di sini," tutup Latif. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.