Sukses

Street Race Polda Metro Jaya, 1.025 Pebalap Adu Cepat di Kemayoran

Ajang street race yang digelar Polda Metro Jaya ini nantinya akan berlangsung hingga besok, Minggu, 4 September.

Liputan6.com, Jakarta Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya menggelar ajang balap jalanan atau street race. Balapan itu dilangsungkan hari ini, Sabtu (3/9/2022) di kawasan jalan Benyamin Sueb, Kemayoran, Jakarta Pusat.

Menurut Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Latif Usman, 1.025 pebalap sudah mendaftarkan diri untuk adu cepat hari ini.

"Total 1.025 orang. Ada yang fun race, ada yang komunitas sama ada yang battle. Jadi dari pagi sudah kita laksanakan fun race," ujar Latif dalam keterangan pers diterima, Sabtu (3/9/2022).

Latif menjelaskan, ajang balap tersebut berlangsung hari ini hingga besok, Minggu, 4 September. Dia mengimbau  agar tidak ada masyarakat yang memasang taruhan dan mencederai semangat positif para pebalap.

"Kegiatan ini adalah menyalurkan hobi bukan sensasi tapi mencari prestasi. Jadi ini energi-energi positif mari kita tuangkan ke sini," minta Latif.

Latif berharap, dengan adanya sejumlah seri balap sejenis yang difasilitasi Polda Metro Jaya maka balapan liar yang biasanya muncul akan sirna.

"Pak Kapolda akhirnya fasilitasi dengan street race ini sehingga diharapkan tidak ada lagi (balap liar) karena sudah kita salurkan di sini," tutup Latif. 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Kuota 500 Peserta

Sebelumny, Latif mengatakan, street race seri keempat dibagi beberapa kategori diperuntukkan untuk kendaraan roda dua dan seluruh tipe kendaraan. Diundang juga sepeda motor gede untuk ikut mencoba di arena ini. Kuota dibatasi hanya untuk 500 peserta.

"Saya berpesan ke para penghobi daftarkan segera dan masyrakat semuanya itu ada beberapa kegiatan," ujar dia.

Selain street race, ada gelaran tinju dan UMKM sehingga masyarakat bisa nikmati kuliner yang ada di Jakarta.

"Kita juga gelar vaksin booster di mana vaksin ini kita akan perhatikan ke masyarakat berkebutuhan khusus," kata dia.

Latif menerangkan, tujuan street race memfasilitasi masyarakat yang mempunyai hobi balap. Menurut catatan, 20 klub komunitas balap maupun komunitas balap jalanan yang ada di Jakarta, Tangerang dan Bekasi.

"Mudah-mudahan sarana ini dimanfaatkan oleh mereka dan mereka tidak akan lagi melaksanakan balapan liar yang tentunya mengganggu keselamatan warga dan keselamatan mereka sendiri," kata Latif.

 

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

3 dari 3 halaman

Street Race di Meikarta

Pada Sabtu 18 Juni 2022, ajang street race digelar di area Central Park, Meikarta, Cikarang Selatan, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat. Ajang ini resmi dibuka Kapolda Metro Jaya Irjen Pol Fadil Imran yang sekaligus untuk memperingati HUT Bhayangkara ke-76.

Street race diikuti ratusan peserta dari berbagai komunitas motor di wilayah Kota/Kabupaten Bekasi. Kapolda Metro Jaya menyambut positif antusias para pembalap yang mengikuti balap liar resmi ini.

"Kegiatan ini yang pertama kali digelar di Cikarang. Kegiatan ini diselenggarakan sebagai wadah adik-adik yang suka dengan kecepatan," kata Fadil dalam sambutannya.

Melihat besarnya antusiasme pembalap terhadap event ini, ia berharap ke depannya ada lokasi yang lebih besar untuk menghelat street race, seperti sirkuit Formula E.

"Ini upaya sebagai penyaluran hobi anak-anak muda. Karena apabila kita melarang tapi tidak menyiapkan tempat, maka akan percuma," ujar Fadil.

Disesuaikan dengan tema street race, yakni "Mencari Prestasi, Bukan Sensasi", Kapolda berharap kegiatan ini dapat semakin memajukan dunia otomotif di Tanah Air.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.