Sukses

Street Race Polda Metro Jaya Kembali Digelar pada 3 dan 4 September 2022

Street Race Polda Metro Jaya kembali digelar pada 3 September 2022 dan 4 September 2022.

Liputan6.com, Jakarta - Street Race Polda Metro Jaya kembali digelar pada 3 September 2022 dan 4 September 2022. Kali ini, memanfaatkan ruas Jalan H Benyamin Sueb, Kemayoran sebagai trek balap.

"Street Race Polda Metro Jaya seri keempat diadakan pada tanggal 3-4 September 2022," kata Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya Kombes Pol Latif Usman saat dihubungi, Rabu (24/8/2022).

Latif menerangkan, pihaknya masih menyiapkan sarana dan prasana. Sejauh ini, tipikal dan konstruksi Jalan Kemayoran dinilai cukup bagus. Selain itu, mampu menampung para pembalap dan penonton sehingga lebih nyaman.

"Kami lagi matangkan kesiapannya. Nanti tempatnya di Jalan Benyamin Sueb," ujar dia.

Latif mengatakan, street race seri keempat dibagi beberapa kategori diperuntukkan untuk kendaraan roda dua dan seluruh tipe kendaraan. Diundang juga sepeda motor gede untuk ikut mencoba di arena ini. Kuota dibatasi hanya untuk 500 peserta.

"Saya berpesan ke para penghobi daftarkan segera dan masyrakat semuanya itu ada beberapa kegiatan," ujar dia.

Selain street race, ada gelaran tinju dan UMKM sehingga masyarakat bisa nikmati kuliner yang ada di Jakarta.

"Kita juga gelar vaksin booster di mana vaksin ini kita akan perhatikan ke masyarakat berkebutuhan khusus," kata dia.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Antisipasi Balap Liar

Latif menerangkan, tujuan street race memfasilitasi masyarakat yang mempunyai hobi balap. Menurut catatan, 20 klub komunitas balap maupun komunitas balap jalanan yang ada di Jakarta, Tangerang dan Bekasi.

"Mudah-mudahan sarana ini dimanfaatkan oleh mereka dan mereka tidak akan lagi melaksanakan balapan liar yang tentunya mengganggu keselamatan warga dan keselamatan mereka sendiri," kata Latif.

3 dari 4 halaman

Street Race di Meikarta

Sementara itu, ajang street race di area Central Park, Meikarta, Cikarang Selatan, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, resmi dibuka Kapolda Metro Jaya Irjen Pol Fadil Imran, pada Sabtu 18 Juni 2022. Event ini sekaligus memperingati HUT Bhayangkara ke-76.

Street race diikuti ratusan peserta dari berbagai komunitas motor di wilayah Kota/Kabupaten Bekasi. Kapolda Metro Jaya menyambut positif antusias para pembalap yang mengikuti balap liar resmi ini.

"Kegiatan ini yang pertama kali digelar di Cikarang. Kegiatan ini diselenggarakan sebagai wadah adik-adik yang suka dengan kecepatan," kata Fadil dalam sambutannya.

Melihat besarnya antusiasme pembalap terhadap event ini, ia berharap ke depannya ada lokasi yang lebih besar untuk menghelat street race, seperti sirkuit Formula E.

"Ini upaya sebagai penyaluran hobi anak-anak muda. Karena apabila kita melarang tapi tidak menyiapkan tempat, maka akan percuma," ujar Fadil.

Desuai dengan tema street race, yakni "Mencari Prestasi, Bukan Sensasi", Kapolda berharap kegiatan ini dapat semakin memajukan dunia otomotif di Tanah Air.

 

4 dari 4 halaman

Street Race di BSD

Sebelumnya, Kepolisian Daerah (Kapolda) Metro Jaya Irjen Pol Mohammad Fadil Imran meninjau event Street Race di BSD pagedangan Kabupaten Tangerang, Sabtu 23 April 2022.

Fadil melakukan simbolis mengibarkan bendera sebagai tanda acara Street Race di mulai. Dia juga mengatakan, bila Street Race ini di selenggarakan untuk mewadahi pembalap liar, agar para pembalap liar tidak selalu mendapat perspektif negatif dari masyarakat.

"Kita akan melakukan ekosistem bukan hanya untuk menyalurkan. Street race ini bukan hanya dipersepsikan negatif, namun ternyata street race mempunyai nilai ekonomi," tuturnya.

Selain melakukan peninjauan terhadap kelancaran jalannya acara, dia juga mengunjungi para peserta balap yang ada di paddock area. Salah satu peserta yang dia kunjungi yaitu peserta dari kalangan difabel.

Dia mengapresiasi terhadap keberanian peserta difabel yang mampu bersaing di event Street Race.

"Semangatnya patut di contoh dengan kekurangannya, dia mampu bersaing," tuturnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.