Sukses

Pesan Menkumham Yasonna di Peringatan Hari Dharma Karya Dhika Ke-77

Liputan6.com, Jakarta Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) merayakan Hari Dharma Karya Dhika (HDKD) ke-77 yang jatuh tepat hari ini, Jumat (19/8/2022). Menkumham Yasonna H Laoly pun menyampaikan pesannya kepada seluruh jajarannya, salah satunya di Kantor Imigrasi Kelas II Non-TPI Banggai, Sulawesi Tengah.

Bupati Banggai, Amiruddin Tamoreka selaku inspektur upacara Peringatan HDKD ke-77 di Lapangan Kantor Imigrasi Kelas II Non-TPI Banggai pun membacakan pesan Yasonna. Beberapa poin penting di antaranya terkait keberhasilan Kemenkumham meraih opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) yang ke-13 kalinya, juga soal laporan keuangan dan transparansi di instansi tersebut.

"Insan pengayoman harus memahami tugas utama core business, untuk menciptakan kepercayaan publik, public trust," tutur Amiruddin membacakan pesan Yasonna, Jumat (19/8/2022).

Dengan begitu, lanjutnya, ada legitimasi dari masyarakat untuk lembaga pemasyarakatan. Amiruddin menyebut, untuk menjaga kualitas pelayanan publik maka setiap pimpinan dan pegawai harus siap dengan era digital 5.0, melalui pemikiran kritis serta kemampuan komunikasi dan kolaborasi.

Menurutnya, Yasonna juga mengingatkan agar seluruh jajarannya mengingat hal penting dalam menghadapi tahun politik pada tahun 2023 dan 2024. Adapun yang pertama, ASN harus tetap netral dan tidak memihak pada kelompok tertentu, serta tidak ikut politik praktis.

"Kedua, meskipun masih dalam keadaan pandemi Covid-19, kinerja dan produktivitas dalam pencapaian target jangan sampai terganggu," ujarnya.

Sementara yang ketiga, setiap jajaran harus menyiapkan rencana dan kontijensi untuk merespon segala isu dalam menghadapi situasi krisis global, 

"Keempat, setiap insan pengayoman wajib mewaspadai adanya serangan dan ancaman siber, serta menjauhkan diri dari paham radikalisme, penggunaan narkoba, dan pelecehan seksual," katanya.

 

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 2 halaman

Beberapa Rangkaian Kegiatan

Kepala Imigrasi Kelas II Non TPI Banggai, Wijaya Adibrata menambahkan, 19 Agustus 1945 ditetapkan sebagai hari lahir Kemenkumham, sehingga peringatannya terus dilaksanakan di setiap tahunnya pada tanggal yang sama.

"Pada HDKD Tahun 2022 ini, kemenkumham mengusung tema Dengan Semangat Kebersamaan, Kita Tingkatkan Kinerja Kemenkumham Semakin PASTI dan BerAKHLAK," terang Wijaya.

HDKD ke-77 tahun ini memiliki beberapa rangkaian kegiatan yang dinilai akan memberikan manfaat kepada pegawai dan masyarakat, terutama masyarakat diKabupaten Banggai.

"Rangkaian kegiatan tersebut terdiri atas bakti sosial, donor darah, pertandingan olahraga, pelayanan paspor masuk desa, upacara dan ziarah tabur bunga di Taman Makam Pahlawan (TMP) Tanjung Tuwis Luwuk, virtual run bersepeda," Wijaya menandaskan.

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS