Sukses

HUT ke-77 Republik Indonesia, Megawati: Kemerdekaan Adalah Jembatan Emas!

Ketua Umum DPP PDI Perjuangan (PDIP) Megawati Soekarnoputri mengajak rakyat Indonesia untuk mengingat kembali pernyataan Proklamator RI di perayaan Kemerdekaan RI ke-77 bahwa kemerdekaan adalah jembatan emas.

Liputan6.com, Jakarta - Ketua Umum DPP PDI Perjuangan (PDIP) Megawati Soekarnoputri mengajak rakyat Indonesia untuk mengingat kembali pernyataan Proklamator RI di perayaan HUT ke-77 Republik Indonesia bahwa kemerdekaan adalah jembatan emas.

Hal itu disampaikan Megawati pada pesan kemerdekaan pada upacara bendera 17 Agustus di Gedung Sekolah Partai, Lenteng Agung, Jakarta.

“Kemerdekaan Indonesia dikatakan oleh Bung Karno sebagai sebuah Jembatan Emas dan di seberang Jembatan Emas itulah seluruh bangsa Indonesia berjuang mewujudkan cita-cita masyarakat adil dan makmur,” kata Megawati secara virtual, seperti dikutip dari siaran pers diterima, Rabu (17/8/2022).

Presiden Republik Indonesia Kelima ini juga menegaskan, tanggal 17 Agustus 1945 merupakan hari yang sangat sakral. Dengan Proklamasi, Indonesia benar-benar merdeka secara politik dan berdaulat penuh atas seluruh wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia yang membentang dari Sabang sampai Merauke.

Oleh karena itu, Megawati ingin, Indonesia bisa meraih kemerdekaanya secara politik yang harus dilanjutkan dengan revolusi mental, melalui yang disebut oleh Soekarno sebagai nation and character building.

"Pancasila sebagai dasar dan sekaligus bintang pengarah masa depan, harus dibumikan dalam seluruh aspek kehidupan. Sebab tanpa Pancasila tidak akan pernah ada NKRI," pesan Megawati.

Megawati memastikan, Indonesia adalah sebuah negara besar, negara archipelago, tanah air. Maka semangat Proklamasi mengajarkan tentang pentingnya tekad, untuk berani meletakkan nasib bangsa dan Tanah Air di tangan kita sendiri.

“Hanya bangsa yang berani meletakkan nasib bangsa dan nasib Tanah Air di tangan kita sendiri, akan berdiri dengan kuatnya,” tegas Megawati.

Megawati percaya, jalan Indonesia yang berdiri di atas kaki sendiri akan bisa diwujudkan, sekiranya seluruh anak bangsa berjuang menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi, serta mengembangkan riset dan inovasi.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Pesan Megawati untuk Kaum Muda

Pada penghujung amanatnya, Ketua Dewan Pengarah Badan Riset dan Inovasi (BRIN) ini mengajak seluruh rakyat Indonesia, khususnya para kaum muda, untuk menyatukan tekad perjuangan bagi Indonesia maju, unggul, dan abadi.

“Dirgahayu Kemerdekaan Republik Indonesia yang ke-77. Jayalah Indonesia Raya!! Merdeka!!! Dirgahayu Kemerdekaan Republik Indonesia. Satukan tekad perjuangan bagi Indonesia maju, unggul, dan abadi,” Megawati memungkasi.

Sebagai informasi, sebelum upacara berlangsung, terdapat seremoni yang dilakukan oleh PDI Perjuangan, yaitu kirab yang dimeriahkan marching band serta arak-arakan penari Bali.

Upacara sendiri dipimpin oleh Sekjen PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto, selain itu hadir sejumlah elite partai lainnya yaitu Djarot Saiful Hidayat, Eriko Sotarduga, Mindo Sianipar, Hamka Haq, Ribka Tjiptaning, Sri Rahayu, Sadarestuwati, Nusyirwan Soedjono, Wiryanti Sukamdani dan Rudianto Tjen.

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.