Sukses

Tebet Eco Park Dibuka Kembali, Wagub: Disiplin Kebersihan

Liputan6.com, Jakarta - Wakil Gubernur DKI Jakarta, Ahmad Riza Patria mengaku bersyukur Tebet Eco Park telah dibuka kembali hari ini, Senin (15/8/2022). Kendati harus melakukan pendaftaran di aplikasi JAKI terlebih dahulu.

"Terkait Eco Park Alhamdulillah mulai hari ini sudah dibuka, sekarang daftarnya harus melalui aplikasi supaya jumlahnya dibatasi. Satu sesi di hari biasa itu 4.000 di hari libur 5.000, ada sesi-sesinya," kata Riza di Balai Kota, Senin (15/8/2022).

Meski demikian, Riza mengajak masyarakat untuk tetap menjaga kebersihan. Dia juga mengimbau masyarakat untuk tidak sembarangan membawa hewan peliharaan.

"Kemudian semua agar lebih disiplin menjaga kebersihan tidak sembarangan memberi makan pada hewan di situ, kemudian juga ikan di situ. Tidak boleh sembarangan juga bawa hewan peliharaan kecuali tempat pet park," jelas Riza.

Selain itu, Politikus Gerindra ini juga mengingatkan masyarakat untuk dapat mematuhi kebijakan yang sudah ditetapkan oleh Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta tersebut. Menurut dia, kebijakan itu tidak dimaksudkan untuk membatasi tapi mengatur.

"Semua boleh datang tapi diatur pemanfaatan tempatnya, penggunaannya supaya bisa optimal supaya bisa dinikmati semua," ujar dia.

Selain itu, Pemprov DKI juga akan memperhatikan kebijakan tempat parkir di Tebet Eco Park.

Kebijakan terkait tempat parkir akan diatur secara bertahap. Dia berharap masyarakat yang hendak ke Tebet Eco Park naik transportasi publik.

"Jadi, kita minta supaya warga yang datang kesitu juga sudah kita batasi jumlahnya. Kita harapkan menggunakan transportasi publik," kata dia.

**Gempa Cianjur telah meluluhlantakkan Bumi Pasundan, mari bersama-sama meringankan penderitaan saudara-saudara kita di Cianjur dengan berdonasi melalui: rekening BCA No: 500 557 2000 A.N Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih. Bantuan akan disampaikan dalam bentuk sembako, layanan kesehatan, tenda, dll. Kepedulian kita harapan mereka.

2 dari 2 halaman

Mulai Dibuka Hari Ini

Pemerintah Provinsi DKI Jakarta resmi membuka kembali Tebet Eco Park mulai hari ini, Senin (15/8/2022). Sebelumnya, Tebet Eco Park sempat ditutup sejak 14 Juni 2022 lalu.

"Mulai 15 Agustus 2022 Tebet Eco Park kembali dibuka," demikian keterangan yang dikutip Liputan6.com pada akun Instagram resmi @tebetecopark, Senin (15/8/2022).

Namun pembukaan kembali taman yang berlokasi di kawasan Tebet, Jakarta Selatan (Jaksel) ini, disertai dengan sejumlah kebijakan dan aturan bagi pengunjung. Di antaranya ialah masyarakat yang hendak berkunjung ke Tebet Eco Park harus terlebih dahulu mendaftar atau menjadwalkan kunjungannya melalui aplikasi JAKI.

Kemudian kapasitas kunjungan juga dibedakan berdasarkan hari. Pada hari Senin hingga Jumat, kapasitas maksimum Tebet Eco Park hanya 4.000 pengunjung. Sementara pada Sabtu dan Minggu, kapasitas maksimum mencapai 5.000 pengunjung.

Selain itu, jam operasional Tebet Eco Park dibagi menjadi dua sesi. Sesi pertama, buka pukul 07.00 - 11.00 WIB. Sesi kedua, buka pukul 13.00 - 17.00 WIB.

Pemprov DKI Jakarta juga mengatur tata tertib saat berada di kawasan Tebet Eco Park. Terdapat 21 tata tertib yang perlu diperhatikan masyarakat saat berada di ruang terbuka hijau tersebut, antara lain:

 

- Dilarang merokok

- Dilarang bermain skateboard

- Dilarang membawa minuman keras/alkohol

- Dilarang merusak fasilitas taman

- Dilarang bersepeda

- Dilarang menduduki patung

- Dilarang merusak taman

- Dilarang melakukan vandalisme

- Dilarang berenang di sungai

- Dilarang buang sampah sembarangan

- Dilarang melewati batas aman sungai

- Dilarang bermain bola tanpa seizin pengelola

- Dilarang memberikan makan pada hewan peliharaan sendiri

- Dilarang memberi makan ikan sembarangan

- Dilarang membawa hewan peliharaan selain ke pet park

- Dilarang bawa makan dan minuman sambil bermain

- Dilarang melompat dari atas alat permainan dan jembatan

- Dilarang bersandar pada railing atau pagar jembatan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.