Sukses

PKB dan Gerindra Akan Cari Titik Temu Duet Prabowo-Cak Imin di Pilpres 2024

Waketum PKB Jazilul Fawaid menuturkan, tidak akan terjadi silang pendapat antara partainya dengan Gerindra meski sama-sama mengincar kursi capres pada Pilpres 2024. PKB dan Gerindra akan mencari titik temu melalui musyawarah.

Liputan6.com, Jakarta - Gerindra dan PKB akan deklarasi bersama untuk Pemilu 2024. Namun kedua partai masing-masing mendorong ketua umumnya sebagai calon presiden (capres).

Wakil Ketua Umum PKB Jazilul Fawaid menuturkan, tidak akan terjadi silang pendapat meski kedua partai sama-sama mengincar kursi capres. PKB dan Gerindra akan mencari titik temu melalui musyawarah.

"Kalau musyawarah enggak ada clash, karena hasil dari koalisi itu kan musyawarah, ya enggak mungkin clash. Tentu dicarikan titik temunya di situ," kata Jazilul di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Kamis (4/8/2022).

Jazilul mengatakan, PKB memandatkan Ketua Umum Muhaimin Iskandar alias Cak Imin sebagai calon presiden. Sementara Gerindra juga mendorong Ketua Umum Prabowo Subianto sebagai calon presiden. Masalah teknis ini akan dibahas belakangan, yang penting koalisi terbangun lebih dulu.

PKB menyatakan tetap mengupayakan Cak Imin sebagai calon presiden. Tetapi, pihaknya tetap menerima apapun hasil kesepakatan dengan Gerindra nantinya.

"Karena bagi kami apa yang menjadi mandat tentunya kami laksanakan sekuat-kuatnya sampai tiitk akhir. Kalau memang dari hasil diskusi, hasil rembukan, musyawarah dengan Gerindra menemukan pasangan A dan B, itu yang akan menjadi kesepakatan," ujar Jazilul.

Hari-hari ini PKB dan Gerindra baru membicarakan platform koalisi yang akan dideklarasikan. Gerindra juga belum meminta kader PKB disiapkan sebagai pendamping Prabowo nanti di Pemilu 2024.

"Sampai hari ini kan masih membangun koalisi, kita meresmikan koalisi, abis itu memunculkan pasangan," kata wakil ketua MPR RI ini.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Gerindra dan PKB Bakal Daftar ke KPU Bareng 8 Agustus 2024

Sebelumnya, Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar memastikan hubungan dengan Partai Gerindra kian mesra. Buktinya PKB dan Gerindra akan bersama-sama mendaftar sebagai peserta Pemilu 2024 pada Senin, 8 Agustus 2022.

"Insyaallah pada tanggal 8 nanti kita akan mendaftar sebagai partai politik peserta pemilu bersama Gerindra ke KPU," ujar Cak Imin dikutip dari keterangannya, Rabu 3 Agustus 2022.

Meski tengah mematangkan koalisi dengan Gerindra, PKB juga membuka kesempatan partai lain yang minat bergabung. Selain itu, Gerindra dan PKB akan menggelar sejumlah agenda untuk mematangkan koalisi.

"Setelah mendaftar ke KPU bersama Gerindra nanti disusul beberapa event. Saya kira masih ada waktu 1,5 tahun kesempatan untuk mengajak semua partai-partai bersatu," kata Cak Imin.

 

Reporter: Ahda Bayhaqi

Sumber: Merdeka.com

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.