Sukses

Infografis MK Tolak Permohonan Ganja untuk Medis dan Alasannya

Upaya legalisasi ganja untuk medis menemui jalan buntu. Mahkamah Konstitusi atau MK menolak permohonan uji materi Undang-Undang Nomor 35 Tahun 2009 tentang Narkotika.

Liputan6.com, Jakarta - Upaya legalisasi ganja untuk medis menemui jalan buntu. Mahkamah Konstitusi atau MK menolak permohonan uji materi Undang-Undang Nomor 35 Tahun 2009 tentang Narkotika.

Ketok palu hakim MK dilakukan Anwar Usman selaku hakim konstitusi merangkap anggota pada Rabu 20 Juli 2022. Hakim MK lainnya adalah Aswanto, Suhartoyo, Enny Nurbaningsih, Daniel Yusmikh, Foekh, Wahiduddin Adams, Arief Hidayay, Saldi Isra, dan Manahan Sitompul.

Permohonan legalisasi ganja medis diajukan oleh Dwi Pertiwi, Santi Warastuti, Nafiah Murhayanti, Perkumpulan Rumah Cemara, Institute for Criminal Justice Reform atau ICJR, dan Lembaga Bantuan Hukum Masyarakat atau LBHM.

Para pemohon dalam permohonannya meminta MK agar penggunaan narkotika jenis ganja untuk kepentingan kesehatan atau medis diperbolehkan. Ada 2 pasal yang diajukan dalam permohonan. Namun MK menolak permohonan legalisasi ganja medis dan menyampaikan alasannya.

Bagaimana permohonan para pemohon? Pasal apa saja yang diajukan dalam permohonan? Apa alasan MK menolak permohonan legalisasi ganja untuk kepentingan medis? Simak dalam Infografis berikut ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 10 halaman

Infografis MK Tolak Permohonan Ganja untuk Medis dan Alasannya

3 dari 10 halaman

Infografis Regulasi Ganja Medis Sebentar Lagi Keluar

4 dari 10 halaman

Infografis Mendorong Fatwa Ganja untuk Medis

5 dari 10 halaman

Infografis Upaya Melegalkan Ganja untuk Kepentingan Medis

6 dari 10 halaman

Infografis Jeritan Hati untuk Legalisasi Ganja Medis di Indonesia

7 dari 10 halaman

Infografis Malaysia Legalkan Ganja untuk Medis

8 dari 10 halaman

Infografis Negara-Negara Pendukung Produk Ganja untuk Pengobatan

9 dari 10 halaman

Infografis Pro Kontra Legalisasi Ganja untuk Obat Medis

10 dari 10 halaman

Infografis Deretan Negara yang Legalkan Ganja sebagai Obat Medis

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.