Sukses

Jokowi Ingatkan Jasa Besar Orang Tua Saat Lantik Perwira TNI-Polri di Istana

Presiden Joko Widodo (Jokowi) melantik perwira TNI-Polri di Istana Negara Jakarta. Melalui amanatnya, Jokowi mengingatkan adanya peran orangtua di balik kesuksesan para perwira yang terus mendoakan dengan ketulusan.

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) melantik perwira TNI-Polri di Istana Negara Jakarta. Melalui amanatnya, Jokowi mengingatkan adanya peran orangtua di balik kesuksesan para perwira yang terus mendoakan dengan ketulusan.

"Kehormatan yang saudara raih hari ini bukan lah hasil jerih payah saudara sendiri. Tanpa pengorbanan dari para orang tua saudara tanpa dukungan negara, saudara bukanlah siapa-siapa," kata Jokowi seperti dikutip Liputan6.com dari Youtube Sekretariat Presiden, Kamis (14/7/2022).

Jokowi meminta, kepada perwira TNI-Polri untuk bisa berjanji untuk terus dapat berdarma bakti kepada orang tua masing-masing atas nama bangsa dan negara.

"Saudara kesatria yang perkasa berjanjilah kepada ibu pertiwi untuk memberikan yang terbaik untuknya. Berbaktilah kepada orang tua untuk memohon restunya," tegas kepala negara.

Terakhir, Jokowi menutup amanatnya dengan ucapan selamat bertugas kepada para perwira TNI-Polri dan senantiasa menjaga kehormatan mereka dalam mengawal Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

"Selamat bertugas para patriot muda Indonesia, jagalah kehormatan dirimu sebagai perwira TNI-Polri, teruslah berjuang untuk negeri tercinta berdirilah di garda terdepan mengawal Pancasila dan NKRI, buatlah orang tuamu bangga buatlah Indonesia berjaya," Jokowi menandasi.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Keppres

Sebagai informasi, Pelantikan para perwira TNI berdasarkan Keputusan Presiden (Keppres) RI Nomor 44/TNI/2022 tentang Pengangkatan Taruna-Taruni Akademi Tentara Nasional Indonesia.

Sedangkan, bagi para perwira Polri berdasarkan Keppres Nomor 45/Polri/2022 tentang Pengangkatan Taruna-Taruni Akademi Kepolisian.

3 dari 3 halaman

Ambil Sumpah

Selain melantik, Jokowi juga mengambil sumpah para perwira TNI dan Polri secara bersamaan. Pantauan Liputan6.com dari Youtube Sekretariat Presiden, prosesi upacara dimulai pukul 08.15 WIB.

Sementara itu, Jokowi dan Ibu Negara Iriana tiba di lokasi upacara pada pukul 08.30 WIB.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Presiden Jokowi hibur anak-anak dengan atraksi sulap di peringatan Hari Anak Nasional, di Pekanbaru, Riau.
    Joko Widodo merupakan Presiden ke-7 Indonesia yang memenangi Pemilihan Presiden bersama wakilnya Jusuf Kalla pada 2014

    Jokowi