Sukses

Pemakaman Menpan RB Tjahjo Kumolo Berlangsung Khidmat

Liputan6.com, Jakarta Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB) Tjahjo Kumolo dimakamkan secara militer di Taman Makam Pahlawan (TMP) Kalibata Jakarta Selatan, Jumat (1/7/2022).

Sementara itu, Menteri Sekretaris Negara Pratikno menjadi inspektur upacara dalam prosesi pemakaman tersebut.

Berdasarkan pantauan Liputan6.com di lokasi, upacara pemakaman berjalan dengan hikmat. Dimulai dengan pembacaan secara singkat riwayat hidup Tjahjo Kumolo dan dilanjutkan dengan pembacaan apel upacara oleh Mensesneg Pratikno.

Selanjutnya upacara dilanjutkan dengan memasukkan peti jenazah ke liang lahad, di mana pasukan TNI membentangkan bendera setengah dada. Pasukan TNI juga melepaskan tembakan tanda penghormatan kepada almarhum.

Kemudian upacara pemakaman dilanjutkan dengan menutup liang lahad diiringi dengan lagu gugur bunga.

Terlihat Mensesneg Pratikno memasukkan sekop pertama menutup liang lahat. Dilanjutkan oleh putra dari Tjahjo Kumolo dan diselesaikan oleh petugas pemakaman.

Lalu, prosesi dilanjutkan dengan tabur bunga oleh pihak keluarga dan kerabat serta dilakukan pembacaan doa untuk almarhum Tjahjo Kumolo.

Pemakaman dihadiri sejumlah tokoh dan kader PDIP. Nampak pula hadir Menteri Sosial RI Tri Risma Maharini, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo serta Ketua Umum Partai Nasdem Surya Paloh, dan Ketua Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) Puan Maharani.

 

2 dari 3 halaman

Cerita Ma'ruf Amin

Wakil Presiden (Wapres) Ma'ruf Amin bercerita sedikit terkait kinerja almarhum Menpan RB Tjahjo Kumolo selama menjabat sebagai menteri.

Hal itu disampaikannya usai memimpin salat jenazah di Kantor Kemenpan RB, Jakarta Selatan.

"Beberapa waktu yang lalu memang saya selalu berkonsultasi, beliau dan saya, selalu memberi buku saya, laporan-laporannya dalam bentuk buku. Rajin sekali, dan kalau sidang kabinet selalu ada buku, diberi saya, diberi ke Pak Jokowi, jadi report-nya dibuat dalam bentuk buku-buku. Ada segini beberapa kali, jadi beliau (terbukti) bekerja," tutur Ma'ruf di Kantor Kemenpan RB, Jakarta, Jumat (1/7/2022).

Menurut Ma'ruf, dalam kondisi sakit pun Tjahjo berusaha menyempurnakan kinerja dan tanggung jawabnya. Seperti saat nomen Rapat Koordinasi Mal Pelayanan Publik (MPP) beberapa waktu lalu.

"Selasa yang lalu saya acara di sini, ada inisiatif beliau walaupun beliau tidak hadir karena juga beliau masuk rumah sakit, tapi inisiatifnya untuk pemberian rapat koordinasi dalam rangka MPP, Mal Pelayanan Publik, dan mengumpulkan menteri-menteri, mengumpulkan kemudian diikuti gubernur-gubernur, oleh kementerian, non kememterian, bahkan swasta, untuk bersama-sama. Bapak Kapolri juga hadir di sini, itu inisiatif beliau," jelas dia.

 

3 dari 3 halaman

Kenangan Jokowi

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo atau Jokowi memiliki kenangan tersendiri terhadap Almarhum Tjahjo Kumolo.

Menurut dia, sosok Menteri Pendayaguna Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB) itu adalah seorang yang patut diteladani.

"Pak Tjahjo adalah pribadi yang tenang dan sederhana, seorang tokoh teladan, nasionalis sejati yg penuh integritas dan setia mengabdikan dirinya untuk masyarakat bangsa dan negara," kenang Jokowi, seperti dikutip dari rekaman video diterima, Jumat (1/7/2022).

Dia pun mendoakan, agar almarhum bisa mendapat tempat terbaik di sisi Allah SWT dan keluarga ditinggalkan diberi ketabahan dan keikhlasan.

Sebagai informasi, saat ini Jokowi tengah berada dalam lawatan di luar negeri, tepatnya di Uni Emirat Arab. Jokowi mendengar kabar duka dari Tanah Air tentang berpulangnya Tjahjo Kumolo ke Rahmatullah di Jakarta pada hari Jumat pukul 11.10 WIB.

Semasa hidupnya, almarhum Tjahjo Kumolo adalah seorang tokoh pemuda, politisi, dan berpulang di puncak pengabdiannya kepada negara sebagai Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi.

"Atas nama pemerintah, negara, dan rakyat Indonesia, saya menyampaikan belasungkawa yang sedalam-dalamnya," kata Jokowi.