Sukses

Anies Baswedan Resmi Buka Jakarta Fair 2022 Usai Vakum Akibat Pandemi Covid-19

Anies berharap dengan adanya Jakarta Fair 2022, menjadi tanda kebangkitan ekonomi pasca pandemi covid-19.

 

Liputan6.com, Jakarta - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan membuka secara resmi Jakarta Fair 2022. Sebelumnya Anies memberikan kata sambutan. Dalam sambutannya Anies bersyukur Jakarta Fair dapat diselenggarakan kembali usai dua tahun vakum akibat Pandemi COVID-19.

"Kita bersyukur sekali Jakarta Fair muncul lagi setelah dua tahun absen. Terakhir kita melaksanakannya tahun 2019 tiga tahun yang lalu," kata Anies di Jakarta Fair JIExpo, Kemayoran, Jakarta Pusat, Kamis (9/6/2022).

Anies juga berharap dengan adanya Jakarta Fair tahun ini menjadi tanda kebangkitan ekonomi pasca pandemi. Dia juga berterima kasih kepada penyelenggara JIExpo yang sudah mengelola gelaran Jakarta Fair.

"Maka tanda kebangkitan kita semakin terlihat. Masyarakat tergerak, penghasilan masyarakat meningkat," kata dia.

Anies juga mengingatkan gelaran Jakarta Fair 2022 juga masih menerapkan protokol kesehatan. Pengunjung harus menaati syarat vaksin dan tetap melakukan Scan Kode Batang (QR Code) PeduliLindungi.

Anies didamping Thohir Wakil Ketua MPR RI Hidayat Nur Wahid, Anggota DPR RI Arsul Sani, dan Menteri BUMN Erick Thohir, dan tokoh negara lainnya naik ke atas panggung utama dan menekan tombol yang disediakan menandai resminya Jakarta Fair 2022 dibuka.

Acara dilanjutkan dengan pembacaan doa oleh lima tokoh agama. Kemudian pada pukul 20.05 WIB acara dilanjutkan dengan penampilan paduan suara menyanyikan lagu Kebyar Kebyar dan Lenggak Lenggok Jakarta.

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Pelaku Usaha Senang

Jakarta Fair kembali digelar setelah vakum selama dua tahun akibat pandemi COVID-19. Pekan Raya Jakarta (PRJ) ini menjadi ajang pameran produk seperti otomotif, teknologi, fashion, furnitur, industri kreatif hingga aneka kuliner dari berbagai daerah di Indonesia.

Sejumlah pelaku usaha dari luar Jakarta yang ikut dalam PRJ tahun ini mengaku senang dan antusias mengingat sudah lama tidak hadir di gelaran PRJ.

Salah satu pelaku usaha yang hadir dari luar Jakarta adalah pria asal DIY Yogyakarta yang disapa kang Bejo ini. Dia mengaku senang sebagai pengrajin dapat kembali hadir di Jakarta Fair atau Pekan Raya Jakarta 2022.

"Senang apalagi kita produsen ya pengrajin jadi butuh media untuk pasar, memasarkan dan menjual produk kita karena hampir tiga tahun ini kan sudah tertunda lama. Dan sekarang inilah tempat kita untuk berekspresi memamerkan karya kita," kata Bejo di PRJ JIExpo, Kemayoran, Jakarta Utara, Kamis (9/6/2022).

Bejo menyatakan sangat senang mendengar Anies akan datang. Apalagi lanjut Bejo kalau orang nomor satu DKI itu berkenan mampir di standnya dan membeli beberapa produk sebagai apresiasi untuk pengrajin.

Begitu pula dengan Yuli pengusaha kuliner dari Payakumbuh, Sumatera Barat. Dia menjual produk dan camilan khas Sumatera Barat seperti Keripik Sanjai. Di standnya ramai para pengunjung yang ingin membeli.

"Senang ya, kan sudah lama tidak ada. Jadi kita juga semangat hadir walaupun jauh," kata Yuli.

Sementata itu, harga tiket Jakarta Fair 2022 dibagi menjadi dua kategori, yaitu tiket masuk tanpa konser dan tiket masuk plus konser (bundling).

3 dari 4 halaman

Turunkan 150 Personel Polri

Polda Metro Jaya menurunkan 150 personel untuk mengawal event Jakarta Fair Kemayoran selama 9 Juni hingga 17 Juli 2022 di JIExpo, Kemayoran, Jakarta Pusat.

"Personel yang dikerahkan dari Polda Metro Jaya ada kurang lebih 150 personel. Kemudian nanti juga dibantu instansi terkait dari pemda Satpol PP, Dishub, itu juga kita libatkan," kata Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Endra Zulpan, Kamis (9/6/2022).

Zulpan menerangkan, Polda Metro Jaya telah berkoordinasi dengan pihak panitia penyelengara khususnya terkait pengamanan selama kegiatan berlangsung.

"Kepolisian akan membantu untuk menjaga keamanan demi terselenggaranya acara tersebut secara sukses," ujar dia.

Zulpan mengingatkan pihak penyelenggara untuk mematuhi protokol kesehatan. Pemerintah telqh menetapkan wilayah Jawa-Bali berlaku PPKM level 1.

"Jadi tentunya itu yang menjadi acuan kita. Pemerintah sudah menyatakan PPKM level 1. Level 1 itu sudah ada batasan berapa kapasitas orang yang boleh menghadiri suatu acara," tandas dia.

4 dari 4 halaman

Harga Tiket

Acara pameran bertajuk Pekan Raya Jakarta (PRJ) Kemayoran atau Jakarta Fair 2022 mulai digelar di Arena JiExpo, Kemayoran, Jakarta Pusat, pada Kamis hari ini (9/6/2022). 

Diketahui bahwa pameran besar yang menawarkan produk-produk ungggulan dari berbagai sektor industri dari makanan, fashion, hingga otomotif itu digelar dari Kamis (9/6) hingga 17 Juli mendatang.

Dilansir dari situs resmi Jakarta Fair, Kamis (9/6/2022) PRJ Kemayoran kali ini pun menandai Jakarta Fair pertama setelah tahun vakum karena pandemi Covid-19 di Indonesia. 

Tahun 2022 ini merupakan gelaran ke- 53 diselenggarakannya PRJ di Kemayoran. Event ini digelar dalam rangka sekaligus memeriahkan HUT Kota Jakarta yang ke-495.

Pada pembukaan acara PRJ di Kemayoran hari ini akan ada acara Opening Ceremony di Panggung Utama Jakarta Fair 2022, dan dilanjutkan konser The Rain pukul 21.00 WIB, menurut situs web pameran tersebut.

Lantas, di mana pengunjung dapat membeli tiket masuk dan tiket menonton konser di PRJ Kemayoran?

Tiket masuk PRJ Kemayoran atau Jakarta Fair 2022 dapat dibeli secara online di laman jakartafair.co.id, jiexpo.com, dan eventguide.id.

Harga tiket yang ditawarkan pun cukup terjangkau, mulai dari Rp 30.000-Rp 50.000 tanpa konser dan Rp 60.000-Rp 100.000 dengan konser, dan bahkan gratis bagi lansia dan anak-anak balita. Berikut rinciannya : 

Harga tiket Jakarta Fair 2022 bundling dengan konser:

- Senin: Rp 60.000

- Selasa: Rp 70.000

- Rabu: Rp 70.000

- Kamis: Rp 70.000

- Jumat: Rp 100.000

- Sabtu: Rp 100.000

- Minggu: Rp 100.000

 

Harga tiket Jakarta Fair 2022 tanpa konser :

- Senin: Rp 30.000

- Selasa: Rp 40.000

- Rabu: Rp 40.000

- Kamis: Rp 40.000

- Jumat: Rp 50.000

- Sabtu: Rp 50.000

- Minggu: Rp 50.000.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.