Sukses

Anies Cek Kesiapan dan Jajal Mobil Balap Jelang Dimulainya Formula E Jakarta

Pada hari ini, Sabtu (4/6/2022) ajang balap mobil Formula E digelar di Jakarta International E-Prix Circuit (JIEC), Ancol, Jakarta Utara.

Liputan6.com, Jakarta - Pada hari ini, Sabtu (4/6/2022) ajang balap mobil Formula E digelar di Jakarta International E-Prix Circuit (JIEC), Ancol, Jakarta Utara.

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan pun mengecek segala persiapan sejak Sabtu pagi tadi.

Berdasarkan unggahan di akun resmi @aniesbaswedan, Anies datang bersama istrinya, Ferry Farhati. Turut hadir bersama Anies anak-anak serta keponakannya untuk berkeliling sirkuit.

"Selamat pagi dari sirkuit Ancol! Bersama keluarga dan keponakan-keponakan," kata Anies, Sabtu (4/6/2022).

"Buat yang punya tiket, ditunggu di sini. Buat yg lain, saksikan di TV ya. Yuk, ramaikan!," sambung Anies.

Tak hanya itu, melalui unggahan Instagram Story-nya, Anies nampak berkeliling melihat kesiapan Formula E Jakarta E-Prix 2022.

Anies beserta keluarga nampak berjalan di area paddock ditemani Co Founder Formula E Alberto Longo. Anies juga terlihat berbincang dengan sejumlah tim pembalap Formula E.

Bersama Alberto Longo, Anies juga menonton sesi latihan bebas para pembalap Formula E. Setelah itu, Anies juga telihat mengabadikan beberapa berfoto bersama sang istri.

Selain itu, Anies juga nampak menjajal mobil balap dan berkeliling area hingga ke tempat penjualan souvenir Formula E. Ia tak lupa menyapa warga yang hadir.

Sementara itu menurut Anies, sebanyak 150 negara akan menyiarkan langsung ajang balap Formula E Jakarta.

Dia mengatakan, banyaknya negara yang menyiarkan balapan mobil listrik ini tentunya menjadi ajang promosi Indonesia khususnya Jakarta di kancah Internasional.

"Ini adalah event olahraga yg akan ditonton lebih dari 150 negara dan Jakarta hadir untuk memberikan pesan kepada dunia bahwa Jakarta ikut ambil tanggung jawab dalam menghadapi climate change, global warming dengan memulai tranformasi menuju kendaraan ramah lingkungan," kata Anies di Jakarta International E-Prix Circuit (JIEC), Ancol, Jumat 3 Juni 2022.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Tegaskan Formula E Ajang Olahraga

Namun, anies irit bicara saat ditanyai siapa saja tokoh-tokoh termasuk tokoh politik yang sudah memastikan hadir di ajang Formula E.

Tetapi, dia tak menampik jika ada beberapa tokoh yang sudah memberikan konfirmasi kehadiran saat laga Formula-E besok.

"Nanti akan dikompilasi karena siang ini sudah banyak konfirmasi. Tapi kalau disebutkan sekarang, padahal masih banyak yang belum konfirmasi, maka nanti tidak lengkap. Jadi nanti saja," kata Anies.

Dia pun kembali menegaskan bahwa Formula E Jakarta adalah ajang atau event olahraga. Dia menolak gelaran balap mobil listrik Formula E dikaitkan dengan kepentingan politik.

"Ini adalah event olahraga sehingga kita menyambut semuanya sebagai hadiri penonton utk menyaksikan balapan. Ini bukan konggres, ini bukan munas yang dicatat siapa hadir, siapa tidak," jelas Anies.

 

3 dari 3 halaman

Jokowi Akan Nonton Formula E

Sementara itu, Presiden Joko Widodo atau Jokowi direncanakan akan menyaksikan secara langsung ajang balapan mobil listrik Formula E yang digelar di Sirkuit Ancol, Jakarta, Sabtu (4/6/2022).

"Insya Allah besok Bapak Presiden diagendakan untuk menonton langsung Formula E," ujar Kepala Sekretariat Presiden, Heru Budi Hartono, dikutip dari siaran pers, Jumat 3 Juni 2022.

Kejuaraan dunia balap mobil listrik tersebut untuk pertama kalinya digelar di Indonesia dan merupakan seri balapan kesembilan pada kompetisi tahun 2022. Ajang bertajuk 2022 Jakarta E-Prix tersebut akan diikuti oleh 22 pembalap yang tergabung dalam 11 tim.

Sebelum menyaksikan balapan, Jokowi diagendakan melakukan grid walk bersama dengan Ketua MPR RI sekaligus Ketua Umum Ikatan Motor Indonesia (IMI), Bambang Soesatyo.

Selain itu, Jokowi juga akan didampingi Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, Ketua Pelaksana Formula E Jakarta Ahmad Sahroni, Chief Championship Officer & Co-Founder Alberto Longo, dan lima pembalap.

"Presiden juga akan menyapa sekaligus berfoto bersama dengan para pembalap," kata Heru.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.