Sukses

Menparekraf Sandiaga Ajak UMKM dan E-commerce Kolaborasi Ciptakan Ekonomi Baru

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno mengajak para pelaku UMKM untuk berkolaborasi dengan platform digital atau e-commerce untuk dapat menciptakan peluang usaha, membangkitkan ekonomi, dan menciptakan lapangan pekerjaan.

Hal itu disampaikan Sandiaga Uno saat membuka webinar daring kajian ekonomi series 5 yang diadakan Kemenparekraf dengan tema 'Kolaborasi Dengan Platform Digital Bawa UMKM Tanah Air Melangkah Maju' pada Rabu, 25 Mei 2022 di Jakarta.

"Sesuai dengan gerakan nasional bangga buatan bangsa, kami awalnya sudah mengajak pelaku UMKM transformasi digital," jelas Menparekraf Sandiaga dalam keterangannya, Kamis (26/5/2022).

"Kita ingin membuat program yang simpel, seperti program stimulus bangga buatan Indonesia dengan konsep pelatihan, pendamping, dan on boarding oleh pelaku industri," tambahnya.

Menurut Sandiaga, saat ini kurang lebih 30 juta pelaku UMKM ada di Indonesia dan 20 juta sudah on board tranformasi ke digital. Dia pun mendorong para pelaku UMKM untuk bisa mengenal sistem pemasaran online.

"Kuncinya ada di kolaborasi dan kolaboraksi. Laksanakan tiga langkah ini, pertama libatkan orang tepat dan mereka mau terlibat. Kedua, tetapkan tujuan goals dan komunikasi kan harapanmu. Ketiga, dengarkan orang lain dan berkompromi," paparnya.

 

2 dari 2 halaman

Kolaborasi UMKM dan e-commerce

Upaya kolaborasi antara UMKM dan e-commerce, lanjut Sandiaga, sesuai dengan program Presiden Joko Widodo atau Jokowi yang meminta Gernas Bangga Buatan Indonesia terus digalakkan. Terlebih di tengah situasi ketidakpastian, semua pihak harus berempati dan berhemat agar dapat mendorong kesuksesan dalam usahanya masing-masing.

"Koki Kit juga saya undang untuk bisa bergabung dalam program Indonesian Spice Of The World. Terima kasih untuk Yayasan Indonesia Setara. Kolaborasi digital untuk membuat UMKM maju dan setara dengan produk UMKM dunia," katanya.

"Mari kita bergandengan tangan, bangkitkan ekonomi, buka peluang usaha, ciptakan lapangan kerja, dan membuat tatanan ekonomi digitalisasi yang berpihak pada UMKM," pungkas Sandiaga.