Sukses

Kapal Tujuan Pulau Pramuka Dievakuasi, Diduga Alami Kerusakan Kemudi

Kapal KM Bina Karya yang berangkat dari Dermaga Kali Adem dengan tujuan Pulau Pramuka diduga mengalami kerusakan kemudi di sekitar Pulau G. Petugas pun berupaya melakukan evakuasi.

Liputan6.com, Jakarta - Kapal KM Bina Karya yang berangkat dari Dermaga Kali Adem dengan tujuan Pulau Pramuka diduga mengalami kerusakan kemudi di sekitar Pulau G. Petugas pun berupaya melakukan evakuasi.

Kapolsek Kawasan Sunda Kelapa, Kompol Seto Handoko Putra, menyampaikan, peristiwa itu terjadi sekitar pukul 09.30 WIB pagi ini.

"Dengan jumlah penumpang 140 orang," tutur Seto dalam keterangannya, Rabu (4/5/2022).

Menurut Seto, kapal KM Bina Karya dievakusi dan ditarik kembali menuju Dermaga Kali Adem menggunakan kapal kerja milik Dishub DKI. Untuk penumpang sendiri sempat menunggu kapal pengganti yang akan memberangkatkan kembali ke Pulau Pramuka.

"Setelah kapal KM Bina Karya selesai diperbaiki, para penumpang dapat kembali menaiki kapal KM Bina Karya untuk melanjutkan perjalanan ke Pulau Pramuka," jelas dia.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Antusiasme Warga

Seto menyebut, selama libur Lebaran 2022 sangat dimungkinkan terjadinya penumpukan penumpang karena tingginya antusias warga untuk berwisata ke Pulau Seribu.

"Dengan meningkatnya masyarakat yang akan berwisata ke Pulau Seribu, Unit Intelkam Polsek Kawasan Sunda Kelapa tetap monitoring agar situasi tetap kondusif," Seto menandaskan.

3 dari 3 halaman

Ancol Masih Favorit

Sementara itu, kawasan wisata Ancol masih menjadi salah satu destinasi wisata favorit yang dikunjungi warga saat libur lebaran Idul Fitri. Dalam hari ketiga lebaran tahun 2022 ini, tercatat sudah ada 15 ribu pengunjung yang masuk kawasan Taman Impian Jaya Ancol.

"Per jam 9 ini ada sekitar 15 ribu pengunjung," ujar Humas Ancol, Ariyadi Eko Nugroho kepada Liputan6.com, Rabu (4/5/2022).

Ariyadi menyebut, keseluruhan tiket yang sudah terjual untuk hari ini sekitar 40 ribu. Menurut Ariyadi, 40 ribu tiket terjual untuk seluruh destinasi wisata di kawasan Taman Impian Jaya Ancol.

"Hari ini yang reservasi ada sekitar 40 ribu, tersebar di semua unit rekreasi," kata dia.

Ariyadi menyebut, di masa pandemi Covid-19 ini, Ancol membatasi jumlah pengunjung demi memaksimalkan penerapan protokol kesehatan. Menurut dia, dalam satu hari, Ancol hanya menerima 90 ribu dari total kapasitas 120 ribu.

"Kuota dibatasi dari batas maksimal, yaitu 90 ribu pengunjung," kata dia.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.