Sukses

Jokowi Bagikan 5.000 Paket Sembako untuk Warga Yogyakarta

Jokowi membagikan sekitar 5.000 paket sembako kepada warga Yogyakarta di halaman Gedung Agung, Sabtu (30/4/2022) sore.

Liputan6.com, Jakarta Presiden RI Joko Widodo atau Jokowi membagikan sekitar 5.000 paket sembako kepada warga Yogyakarta di halaman Gedung Agung, Sabtu (30/4/2022) sore.

Antara melansir, ribuan warga antre mengular di luar pagar Gedung Agung sejak pukul 15.00 WIB.

Untuk mengambil bantuan itu, mereka harus menyerahkan kupon, kemudian masuk menuju halaman sisi selatan Istana Kepresidenan itu. Paket sembako tersebut yang terdiri atas gula pasir, minyak goreng, beras, serta biskuit.

Warga yang telah menerima bantuan mendapat kesempatan menyapa Presiden Jokowi satu per satu selama beberapa saat.

"Kegiatan (Presiden) sore hari ini dalam rangka memberikan bantuan kepada masyarakat. Sekitar 5.000 paket (sembako), " kata Kapolresta Yogyakarta Ajun Komisaris Besar Polisi (AKBP) Idham Mahdi yang mengawal pengamanan di kawasan Gedung Agung, Yogyakarta.

Menurut dia, proses pembagian bantuan yang turut dikawal personel TNI dan Polri tersebut berjalan dengan lancar dan tertib.

"Alhamdulillah sampai dengan pada sore hari ini warga masyarakat sangat antusias dan masih berjalan tertib. Pihak kepolisian dalam hal ini menjaga kamtibmas dan juga menjalankan Operasi Ketupat Progo 2022," ujar Idham.

Suranto (64) seorang pedagang rokok di Malioboro mengaku sangat beruntung. Sebab, selain mendapatkan bantuan sembako, ia juga mendapatkan kesempatan mengobrol dengan Presiden.

"Tadi sempat berbincang sama Pak Jokowi. Ditanya kerjanya apa, jual apa? Saya jualan rokok di Maliboro sejak 1985. Saya asli dari Klaten," ujar Ketua Pedagang Asongan Malioboro ini.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Sangat Berarti

Menurut Suranto, bantuan dari Presiden Jokowi amat berarti baginya, mengingat saat ini masih masa pandemi COVID-19.

"Punya Presiden seperti Pak Jokowi ini sangat hebat, sangat disenangi semua masyarakat Indonesia. Jadi, sering-sering membantu warga seperti saya pedagang kecil. Saya ucapkan terima kasih atas bantuan Bapak Jokowi," kata dia.

Sementara itu, warga Pakualaman, Yogyakarta, Rochmah Hidayati (42) bersyukur mendapatkan bantuan itu kendati pemberitahuan mengenai pembagian sembako cukup mendadak.

"Saya baru diberitahu dari Koramil tadi jam 10.00 pagi. Alhamdulillah bisa kebagian bantuan," kata dia yang mengaku antre selama hampir satu jam.

Presiden RI Joko Widodo tiba di Istana Kepresidenan Gedung Agung, Kota Yogyakarta, Sabtu siang sekitar pukul 13.00 WIB.

Sebelumnya, seusai meninjau Sirkuit Formula E di Ancol, Jakarta Utara, Senin (25/4) Presiden Joko Widodo mengatakan dirinya akan mudik dan melaksanakan Salat Idul Fitri di Daerah Istimewa Yogyakarta.

Meski belum bisa memastikan berapa lama akan berada di Yogyakarta, Presiden menegaskan bahwa pihak Istana tidak akan menyelenggarakan kegiatan halalbihalal.

3 dari 4 halaman

Tiba Siang Tadi

Jokowi tiba di Istana Kepresidenan Gedung Agung, Kota Yogyakarta, Sabtu (30/4/2022) siang. Jokowi akan menghabiskan sisa Ramadhan sekaligus merayakan Lebaran 2022 di Kota Gudeg.

Antara melansir, Jokowi memasuki kompleks Gedung Agung sekitar pukul 13.00 WIB dengan menaiki mobil Toyota Alphard hitam.

Sebelum memasuki gerbang Gedung Agung, orang nomor satu di Indonesia itu sempat mengarahkan pandangan sembari melambaikan tangan dari dalam mobil ke arah kerumunan warga yang menyambut kedatangannya.

Polisi dan prajurit TNI bersiaga menjaga keamanan di depan gerbang Gedung Agung yang berada di kawasan Jalan Malioboro itu.

Nur Hasanah (53), seorang wisatawan asal Cilegon mengaku antusias menyambut kedatangan Presiden Jokowi. Dia rela menjeda sejenak dari agenda wisata menyusuri Jalan Malioboro untuk mengabadikan momen tersebut.

Menurut dia, kesempatan itu merupakan kali pertama ia melihat Jokowi secara langsung sekalipun hanya dari kejauhan.

"Senang bisa lihat Pak Jokowi. Sempat lihat tapi beliau dari jendela saja. Kepinginnya bisa salaman sama Pak Jokowi," ujar Nur.

4 dari 4 halaman

Mudik ke Yogyakarta

Alih-alih ke kampung halamannya di Solo, Jawa Tengah, Jokowi memilih untuk mudik ke Yogyakarta pada Lebaran 2022.

"Saya mudik ke Solo, tapi saya enggak ke Solo. Jadi saya ke Jogja," ujar Jokowi kepada wartawan sebagaimana disiarkan di Youtube Sekretariat Presiden, Senin (25/4/2022).

Tak hanya mudik, dia juga akan melaksanakan Sholat Idul Fitri di Yogyakarta. Kendati begitu, Jokowi belum mengetahui berapa lama dia akan berada di Yogyakarta.

"Insyaallah iya (Sholat Idul Fitri di Yogyakarta)," ucap dia.

Jokowi menekankan dia tidak melakukan halal bihalal atau open house pada Lebaran tahun ini. Hal ini mengingat halal bihalal dapat menimbulkan kerumunan masyarakat.

"Ndak, seperti yang sudah saya sampaikan, halal bihalal terutama yang menyangkut kerumunan orang banyak. Pemerintah ajak sebaiknya tidak, utamanya untuk para pejabat," jelas Jokowi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Presiden Jokowi hibur anak-anak dengan atraksi sulap di peringatan Hari Anak Nasional, di Pekanbaru, Riau.
    Joko Widodo merupakan Presiden ke-7 Indonesia yang memenangi Pemilihan Presiden bersama wakilnya Jusuf Kalla pada 2014

    Jokowi

  • Sembako adalah singkatan dari sembilan bahan pokok.

    sembako

  • Daerah Istimewa Yogyakarta adalah daerah istimewa di Indonesia yang memiliki tingkatan yang sama dengan provinsi.
    Daerah Istimewa Yogyakarta adalah daerah istimewa di Indonesia yang memiliki tingkatan yang sama dengan provinsi.

    Yogyakarta