Sukses

Hadir Jadi Saksi, Mardani Maming Ungkap Kronologi Terbitkan Izin Tambang

Bendum PBNU sekaligus mantan Bupati Tanah Bumbu, Mardani H Maming akhirnya menghadiri persidangan secara langsung sebagai saksi perkara dugaan korupsi izin tambang.

Liputan6.com, Jakarta Bendahara Umum (Bendum) Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) Mardani H Maming akhirnya hadir secara langsung dalam sidang kasus dugaan suap izin usaha pertambangan (IUP) di Pengadilan Tipikor, Banjarmasin, Kalimantan Selatan (Kalsel), Senin (25/4/2022).

Diketahui, kali ini Ketua Umum BPP HIPMI ini hadir secara langsung setelah sempat tiga kali absen dan hanya mengikuti sidang secara online pada pekan lalu.

Mardani Maming tidak hadir sendiri. Dia mendapat dukungan dari luar ruang sidang dari ratusan massa Ansor Kalimantan Selatan dan PWNU.

Mardani dihadirkan sebagai saksi untuk terdakwa Kepala Dinas ESDM Tanah Bumbu Dwidjono Putrohadi Sutopo. Sebagai informasi, saat kasus ini terjadi, Mardani tengah menjabat status sebagai Bupati Tanah Bumbu periode 2010-2018.

Dalam sidang tersebut, Mardani dicecar hakim terkait pengetahuannya soal penerbitan Surat Keputusan (SK) Bupati Tanah Bumbu Nomor 296 Tahun 2011 tentang Persetujuan Pelimpahan Izin Usaha Pertambangan Operasi Produksi PT Bangun Karya Pratama Lestari (BKPL) Nomor 545/103/IUP-OP/D.PE/2010 kepada PT Prolindo Cipta Nusantara (PCN).

Menjelaskan kronologisnya, Mardani mengurai bahwa penerbitan SK izin tambang dilakukannya setelah melalui kajian teknis Kepala Dinas Pertambangan dan Energi Kabupaten Tanah Bumbu. Mardani menambahkan, saat SK peralihan IUP ada di meja kerjanya, SK sudah diparaf lebih dulu oleh kabag hukum, asisten dua, sekretaris daerah dan Dwidjono Putrohadi Sutopo selaku Kepala Dinas Pertambangan dan Energi Tanah Bumbu.

"Yang saya cek adalah paraf kepala dinas. Kalau sesuai aturan, maka saya tandatangani. Dia (terdakwa) datang membawa SK ke saya," kata Mardani saat memberikan kesaksian dalam sidang tersebut, Senin (25/4/2022).

Mantan Bupati Tanah Bumbu itu melanjutkan, permohonan peralihan IUP lalu diserahkan ke Pemprov Kalsel untuk dilanjutkan ke Kementerian ESDM. Perihal ada larangan peralihan IUP sesuai Pasal 93 UU Nomor 4 Tahun 2009 tentang Pertambangan Minerba, Mardani menjawab tidak mengetahui.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Dicecar Soal Perkenalannya dengan Henry Seotijo

Menanggapi kesaksian Mardani, Ketua Majelis Hakim Yusriansyah, menegaskan bahwa peralihan IUP tambang tidak dibolehkan, karena menabrak UU Nomor 4 Tahun 2009 tentang Pertambangan Minerba.

"Menurut kami tidak sesuai Undang-Undang karena ada ketentuan yang melarang itu. Bertentangan dengan Undang-Undang. Kenapa dulu tidak dicabut saja (SK peralihan IUP PT BKPL ke PT PCN)? harusnya dicabut dulu. Pelajari Undang-Undangnya. Jangan sampai keliru," tegas Hakim Yusriansyah.

Selain soal tanda tangan, Mardani juga digali kesaksiannya terkait perkenalan dirinya dengan Henry Seotijo selaku Direktur Utama PT PCN. Kali ini pertanyaan datang dari salah satu kuasa hukum Terdakwa Dwijono.

Mardani mengaku, perkenalannya dengan Henry yang sekarang sudah berstatus almarhum terjadi di rumah Haji Isam dan dikenalkan oleh seorang seorang jenderal polisi. Dia mengenal Henry Soetijo pada rentang waktu 2011-2012.

"Sesuai BAP, saya mengenal Henry pas selamatan di rumah Haji Isam, yang diperkenalkan oleh pak Mahfudz Arifin. Yang disampaikan bahwa dia (Henry) pengusaha tambang," jawab Mardani.

"Pak Mahfudz Arifin ini siapa," tanya kuasa hukum. "Mantan Kapolda Kalsel," jawab Mardani lagi.

Dikonfirmasi terpisah, Machfud Arifin meluruskan bahwa saat itu dirinya belum berada di Kalimantan Selatan sebagai Kapolda. Sebab, saat itu Machfud masih berdinas di Mabes Polri sebagai Dirsatwa Polri di Jakarta periode 2011-2012. Menurut rekam jejak digital, diketahui, Machfud Arifin baru menjabat sebagai Kapolda Kalsel pada periode 2013-1015.

3 dari 4 halaman

Pengadilan Panggil Paksa Mardani Maming

Sebelumnya, Majelis Hakim Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) Banjarmasin, Kalimantan Selatan memberi perintah pemanggilan paksa terhadap Bendahara Umum atau Bendum PBNU Mardani H Maming.

Hal itu dilakukan, usai yang bersangkutan tidak memenuhi panggilan sebanyak tiga kali sebagai saksi untuk terdakwa mantan Kepala Dinas ESDM Tanah Bumbu, Raden Dwidjono Putrohadi Sutopo dan hanya hadir secara virtual.

"Majelis menginginkan (saksi Mardani H Maming) hadir (langsung) di dalam persidangan ini," ungkap Ketua Majelis Hakim Yusriansyah dalam persidangan, Senin (18/4/2022).

Menurut Yusriansyah, kehadiran Mardani secara langsung diperlukan untuk menggali kesaksian atas apa yang diketahuinya terkait alasan penerbitan Surat Keputusan Bupati Tanah Bumbu Nomor 296 Tahun 2011 tentang Persetujuan Pelimpahan Izin Usaha Pertambangan Operasi Produksi PT Bangun Karya Pratama Lestari Nomor 545/103/IUP-OP/D.PE/2010 kepada PT Prolindo Cipta Nusantara.

Sebagai informasi, saat kasus ini terjadi Mardani tengah menjabat sebagai Bupati Tanah Bumbu periode 2010-2015.

"Kami juga punya hak memanggil paksa, di sini juga mencari pembuktian juga. Apakah saudara saksi ada kaitannya atau tidak," jelas Yusriansyah.

 

4 dari 4 halaman

MAKI Kawal Sidang ke Banjarmasin

Mangkirnya Mardani dari tiga kali panggilan hakim, memantik Koordinator Masyarakat Anti-Korupsi Indonesia (MAKI) Boyamin Saiman untuk memantau langsung jalannya persidangan kasus dugaan korupsi penerbitan izin tambang ini ke Pengadilan Tipikor di Banjarmasin.

Boyamin beralasan, sebagai bagian dari Civil Society, MAKI berhak mengawal kasus ini agar terungkap fakta yang sebenarnya. Namun kedatangan dirinya tidak sebatas memantau.

Boyamin juga datang dengan membawa surat permohonan kepada Majelis Hakim untuk penetapan perintah membawa Mardani Maming jika kembali mangkir pada panggilan berikutnya. Surat tersebut memiliki nomor 35/MAKI.J/IV/2022.

"Surat ditujukan kepada Kepada Yang Terhormat, Ketua Majelis Hakim Perkara No : 6/Pid.Sus," kata Boyamin melalui keterangan diterima.

Sebagai informasi, kehadiran Mardani secara virtual kemarin dikarenakan dirinya masih berada di Singapura guna menghadiri undangan kegiatan Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI). Diketahui, Mardani sendiri adalah Ketua Umum BPP HIPMI masa jabatan 2019-2022.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.