Sukses

Teriakan Dukungan Jokowi Presiden 3 Periode, Ini Kata PDIP

Ketua Bappilu PDIP Bambang Wuryanto menegaskan, masa jabatan presiden yaitu dua periode harus dipatuhi semua pihak.

Liputan6.com, Jakarta - Ketua Bappilu PDIP Bambang Wuryanto menegaskan, masa jabatan presiden yaitu dua periode harus dipatuhi semua pihak. Karena itu, dia tidak pusing dengan dorongan Asosiasi Pemerintah Desa Indonesia (Apdesi) yang mendorong Joko Widodo presiden tiga periode.

"Itu kan maunya Apdesi kalau orangnya mau ya boleh-boleh tapi republik ini bersepakat kita berbangsa dan bernegaranya, itu atas berdasarkan kesepakatan yang tertuang dalam konstitusi negara," ujar Bambang di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, Rabu (30/3/2022).

Menurut Bambang, jika hanya menyampaikan deklarasi dukungan tidak ada larangan. Tapi ia mengingatkan ada aturan main yang membatasi masa jabatan presiden.

"Kalau mendeklarasikan diri untuk menjadi presiden diizinkan toh. Tapi semua nanti ada peraturan perundang-undangan," kata Ketua Komisi III DPR ini.

Apalagi Bambang mengingatkan pengusung calon presiden dan calon wakil presiden adalah partai politik.

"Siapa peserta pilpres, peserta pilpres itu adalah gabungan capres dan cawapres itu diajukan oleh parpol atau gabungan parpol. Ada nggak di situ gabungan Apdesi keluar aspirasi ya boleh," politikus PDIP ini.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Apdesi

Sebelumnya, Asosiasi Pemerintah Desa Seluruh Indonesia (APDESI) menggelar acara silaturahmi nasional tahun 2022 di Istora Senayan, Jakarta, Selasa (29/3). Acara itu dihadiri Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan sejumlah menteri di antaranya Menko Maritim dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan. Dalam acara Apdesi, muncul pernyataan Jokowi 3 Periode.

Pernyataan itu disampaikan perwakilan desa asal Provinsi Aceh bernama Muslim yang meneriakkan Jokowi 3 Periode. Momen itu diteriakannya saat sesi tanya jawab dengan Luhut.

Awalnya, Muslim menjelaskan kondisi Taman Nasional Gunung Leuser (TNGL). Harapannya, Presiden Jokowi bisa memindahkan kantor pengurus TNGL dari Medan ke Aceh. Dia juga meminta adanya pemberdayaan di kawasan hutan tersebut.

Permohonan itu diutarakannya lewat Luhut. Hingga di ujung aspirasinya Muslim berteriak Jokowi 3 periode.

"Tolong ini sebagai permintaan kami kepada Bapak. Saya yakin Bapak bisa mengabulkannya dan Pak Presiden bisa mengabulkannya. Jokowi 3 periode, setuju?," teriak Muslim di acara Apdesi di Istora Senayan, Jakarta, Selasa (29/3).

"Setuju!" teriak sebagian peserta.

 

 

Reporter: Ahda Bayhaqi

Sumber: Merdeka.com

3 dari 3 halaman

Isu Jabatan Presiden 3 Periode Kembali Berembus

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.