Sukses

Gelar MotoGP Tiap Tahun, DPR Jamin Sirkuit Mandalika Tidak Terbengkalai

Sebelumnya, ada kekhawatiran Sirkuit Mandalika akan terbengkalai seusai menggelar MotoGP 2022. Namun, DPR menjamin hal itu tidak terjadi.

Liputan6.com, Jakarta - Ajang balap motor MotoGP bakal berlangsung setiap tahun. Hal itu menurut Ketua Komisi X DPR RI Syaiful Huda, membuat Sirkuit Mandalika, Lombok, Nusa Tenggara Barat, tidak terbengkalai.

Sebelumnya, ada kekhawatiran Sirkuit Mandalika akan terbengkalai seusai menggelar MotoGP Mandalika 2022. Namun, DPR menjamin hal itu tidak terjadi.

Balapan MotoGP Mandalika akan menjadi agenda rutin tahunan setelah pelaksana MotoGP di Indonesia, Mandalika Grand Prix Association (MGPA), menyatakan pihaknya mendapat kontrak 10 tahun dari Dorna Sports, selaku promotor MotoGP.

"Di kalendernya pasti akan ada setiap tahun, ini yang saya tidak terlalu khawatir khusus untuk sirkuit Mandalika karena hampir pasti setiap tahun pasti ada," kata Huda dalam diskusi Polemik secara daring.

Huda menjamin Indonesia akan kebagian giliran tuan rumah MotoGP di event selanjutnya. Tinggal kerja sama yang efektif oleh pihak penyelenggara dan Kemenparekraf. Sirkuit itu pun juga bisa digunakan untuk balap nasional sambil menunggu giliran MotoGP.

"Ada kekhawatiran yang sama, tapi yang pasti kita udah kontrak 10 tahun, ini berbeda kalau kita bangun infrastruktur misalnya untuk PON, siklusnya panjang," ucapnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Ada Event

"Contoh paling sering jadi kritikan kan beberapa infrastruktur olahraga, misalnya di Palembang di bangun megah, tapi akhirnya karena gak ada event apa apa, jujur harus di akui terbengkalai," tukas Huda.

Dia juga percaya Kemenpora dan Kemenparekraf dapat membuat sejumlah event agar ketika tidak ada MotoGP, tidak terjadi kekosongan kegiatan di Sirkuit Mandalika.

"Khusus di Mandalika ini eventnya tahunan dan kita pasti dapat eventnya setiap tahun. Tinggal saya kira kerja sama yang efektif antara Kemenparekraf terutama Kemenpora untuk membikin event event-event yang sifatnya mengisi jeda dari event tahunan ini," jelasnya

Reporter: Muhammad Genantan Saputra

Sumber: Merdeka.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.