Sukses

Jokowi di Hari Perawat: Terima Kasih Jadi yang Terdepan Saat Pandemi Covid-19

Presiden Joko Widodo atau Jokowi mengucapkan selamat Hari Perawat Nasional 2022, yang diperingati setiap 17 Maret.

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo atau Jokowi mengucapkan selamat Hari Perawat Nasional 2022, yang diperingati setiap 17 Maret. Jokowi menyampaikan terim kasih tak terhingga kepada semua perawat di Tanah Air yang menjadi garda terdepan selama pandemi Covid-19.

"Untuk para perawat, yang terdepan bersama rakyat di saat pandemi Covid-19 datang mendera, kita haturkan terima kasih nan tak terhingga," kata Jokowi melalui akun instagramnya @jokowi, Kamis (17/3/2022).

Sebagai informasi, 17 Maret sebagai peringatan Hari Perawat Nasional adalah tanggal di mana lahirnya organisasi profesi perawat yakni Persatuan Perawat Nasional Indonesia (PPNI). Tepatnya, pada tanggal 17 Maret 1974.

Dilansir dari laman resmi PPNI, PPNI menjadi organisasi satu-satunya yang mewadahi perawat di Indonesia. PPNI hadir sebagai wadah pembuatan kebijakan, pemersatu, pembina, pengembang, dan pengawas keperawatan di Indonesia (AD-ART PPNI, 2015).

Perawat merupakan garda terdepan dalam memberikan pelayanan kesehatan di fasilitas kesehatan. Tenaga keperawatan memegang peranan penting dalam meningkatkan derajat kesehatan pasien.

Perawat juga terlibat aktif selama 24 jam dalam memberikan asuhan keperawatan kepada pasien baik COVID-19 maupun non COVID-19. Sering bertemu pasien membuat risiko perawat jadi lebih besar terpapar COVID-19.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Ratusan Meninggal

Selama dua tahun pandemi mendera Indonesia, sudah ratusan perawat yang meninggal akibat COVID-19, seperti disampaikan Ketua DPP Persatuan Perawat Nasional Indonesia (PPNI), Harif Fadhilah.

"Ada 711 (perawat yang meninggal akibat COVID-19) sampai hari ini," kata Harif dalam pesan singkat ke Liputan6.com, Kamis (17/3/2022).

3 dari 3 halaman

Infografis

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Presiden Jokowi hibur anak-anak dengan atraksi sulap di peringatan Hari Anak Nasional, di Pekanbaru, Riau.
    Joko Widodo merupakan Presiden ke-7 Indonesia yang memenangi Pemilihan Presiden bersama wakilnya Jusuf Kalla pada 2014

    Jokowi

  • Penyebaran Covid-19 ke seluruh penjuru dunia diawali dengan dilaporkannya virus itu pada 31 Desember 2019 di Wuhan, China

    COVID-19

  • Hari Perawat Nasional lahir dari munculnya organisasi Persatuan Perawat Nasional Indonesia (PPNI) pada 1974.
    Hari Perawat Nasional lahir dari munculnya organisasi Persatuan Perawat Nasional Indonesia (PPNI) pada 1974.

    Hari Perawat Nasional