Sukses

Tingkat Kepuasan Terhadap Kinerja Jokowi Turun, Istana: Dukungan Masih Besar

Staf Khusus Menteri Sekretaris Negara, Faldo Maldini, menanggapi temuan Lembaga Survei Indonesia (LSI) terkait turunnya tren kepuasan terhadap kinerja Presiden Joko Widodo atau Jokowi.

Liputan6.com, Jakarta - Staf Khusus Menteri Sekretaris Negara, Faldo Maldini, menanggapi temuan Lembaga Survei Indonesia (LSI) terkait turunnya tren kepuasan terhadap kinerja Presiden Joko Widodo atau Jokowi. Dia menilai dukungan masyarakat kepada pemerintahan Jokowi masih besar.

Adapun survei LSI mengungkapkan bahwa angka kepuasan publik terhadap kinerja Jokowi sebesar 66,3 persen pada Februari 2022. Kendati masih tinggi, namun angka kepuasan ini mengalami penurunan dibandingkan Desember 2021 yang berada di angka 71,4 persen.

"Kalau melihat angkanya, dukungan masih besar, kepercayaan itu harus dijaga dari hari ke hari," kata Faldo kepada wartawan, Jumat (4/3/2022).

Dia menyebut apabila dilihat angkanya, mayoritas responden masih menganggap tidak buruk dari setiap bidang. Faldo menuturkan setiap kebijakan tak mungkin bisa memuaskan semua pihak.

"Tergantung mau dari sebelah mana melihatnya. Yang jelas, ujung dari sebuah kebijakan adalah dukungan publik, meskipun tidak akan mungkin memuaskan semua orang," jelasnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Tantangan

Menurut dia, hasil survei terkait kinerja pemerintah akan selalu dijadikan kaca untuk menjawab tantangan dan mewujudkan kepuasan. Faldo memastikan pemerintah akan terus bekerja dan memperbaiki diri.

"Kami ucapkan terima kasih banyak yang sudah memberikan respon dan lembaga survei yang sudah melakukan penelitian," ucap dia.

"Kami yakin penegakkan hukum di Indonesia akan semakin baik, semakin transparan, dan berkeadilan. Kita bersama-sama perlu terus mengawal proses perbaikan dari seluruh tatanan kelembagaan kita," sambung Faldo.

3 dari 3 halaman

Infografis

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.