Sukses

Ketum PPAD Doni Monardo Safari ke Jawa Tengah

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo turut menghadiri acara yang juga diikuti anggota PPAD Jawa Tengah melalui virtual itu.

Liputan6.com, Jakarta Ketua Umum Persatuan Purnawirawan TNI Angkatan Darat (PPAD) Doni Monardo melakukan safari kunjungan ke daerah Jawa Tengah dalam rangka acara pertemuan Pengurus Pusat PPAD dengan pengurus PPAD Provinsi Jawa Tengah.

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo turut menghadiri acara yang juga diikuti anggota PPAD Jawa Tengah melalui virtual itu.

"Di mana pun saya ada acara bareng Pak Doni, pasti diawali dengan menanam pohon. Lha, di sini saya senang. Beliau orang yang sangat konsisten dengan kegiatan kongkrit penyelamatan lingkungan," tutur Ganjar di Ghra Ahmad Yani, Komplek Bandara International Ahmad Yani, Semarang, pada Rabu 16 Februari 2022 lalu.

Ganjar sendiri hadir masih dengan balutan perban di tangan kanan akibat kecelakaan ketika bersepeda pada Minggu, 6 Februari 2022. Dalam kesempatan itu dia mengingatkan janji yang belum dipenuhi Doni Monardo.

"Dengan seragam BNPB, kami menanam pohon. Sekarang dengan seragam baru (PPAD), kami juga menanam pohon," jelas Ganjar.

"Pak Doni janji mau ngajak saya ke Maluku, melihat emas biru dan emas hijau, tapi belum kesampaian hingga beliau purna tugas. Tapi Indonesia mengetahui Pak Doni sebagai pejuang lingkungan yang gigih. Pejuang sungai, pejuang penanaman pohon," sambungnya.

Ganjar mengaku mengikuti perkembangan Doni Monardo, termasuk jabatan barunya sebagai Ketua Umum PPAD. Dia pun merasa bangga PPAD Jawa Tengah menjadi PPAD pertama yang mendapat kunjungan resmi Doni Monardo.

"PPAD Jawa Tengah juga warga saya. Saya akan mendukung program PPAD yang berorientasi kesejahteraan. Selain itu, saya juga berharap PPAD ikut membantu pemerintah daerah, memompa semangat nasionalisme dan patriotisme generasi muda," katanya.

Saat siang hari sebelum acara dimulai, dilakukan sejumlah agenda penanaman pohon di halaman Ghra Ahmad Yani, Semarang. Ketum PPAD Doni Monardo menanam pohon jati belanda atau guazuma ulmifolia, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo menanam pohon kenari atau canarium indicum.

Sedangkan Pangdam IV/Diponegoro diwakili Kasdam Brigjen TNI Parwito menanam pohon gayam atau inocarpus fagiferus, General Manager Angkasa Pura I Semarang Hardi Ariyanto menanam pohon duren musang king, Danlanumad Kol. CPM Sundoro Agung Nugroho menanam pohon flamboyan atau delonix regia, dan Ketua Badan Pengawas PP PPAD Dodik Wijanarko menanam pohon bisbul atau diaspyros blancoi.

Penanaman beragam pohon di lingkungan bandara Ahmad Yani Semarang sendiri tercatat bukan yang pertama kali dilakukan. Ketua DPD PPAD Jawa Tengah Amin Syamsudin mengatakan, pihaknya telah beberapa kali menanam pohon di samping berbagai kegiatan sosial lain.

"September tahun lalu, kami juga melakukan penanaman pohon di lingkungan bandara Ahmad Yani," terang Amin.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Program PPAD Pusat

Amin menyatakan pihaknya siap mengamankan dan melaksanakan program PPAD Pusat, antara lain dengan melakukan pembenahan organisasi. Dia pun melaporkan kondisi PPAD Jawa Tengah yakni dari 35 kabupaten/kota, tercatat 31 di antaranya memiliki pengurus dengan 29 mempunyai kantor dan yang aktif ada 22 kepengurusan.

PPAD Jawa Tengah sedianya tengah fokus dalam program bidang ekonomi. Sebab itu, ada pembenahan struktur menyelaraskan dengan PP PPAD seperti dalam bidang pertanian, peternakan, perkebunan, usaha toko, juga e-commerce.

"Meski harus kami akui, kendala saat ini adalah SDM," Amin menandaskan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.