Sukses

Ketua KPK Firli: Pers Punya Andil Besar dalam Pemberantasan Korupsi

Firli menyebut pers nasional memiliki peran nyata dalam upaya pemberantasan korupsi di Indonesia. Dia melihat pers tak jarang fokus mengangkat isu penanganan kasus korupsi yang dilakukan KPK.

Liputan6.com, Jakarta - Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi atau KPK, Firli Bahuri, mengucapkan selamat untuk segenap wartawan dalam momen Hari Pers Nasional, yang jatuh pada Rabu 9 Februari 2022.

Firli menyebut pers nasional memiliki peran nyata dalam upaya pemberantasan korupsi di Indonesia. Dia melihat pers tak jarang fokus mengangkat isu penanganan kasus korupsi yang dilakukan KPK.

"Kami di KPK melihat andil dan peran nyata insan pers dari maraknya pemberitaan seputar kasus serta penanganan korupsi yang dilakukan KPK pada media massa Tanah Air. Bahkan, isu korupsi seringkali dijadikan headline atau top isu dalam rating media massa," ujar Firli dalam keterangannya.

Menurut Firli, andil besar para jurnalis dan media di Tanah Air sebagai salah satu pilar demokrasi di negeri ini sangat dibutuhkan dalam menghadapi hingga menyelesaikan ragam permasalahan bangsa.

"Salah satunya perilaku koruptif dan kejahatan korupsi yang telah berurat akar di NKRI," kata dia.

Sebagai pimpinan sebuah lembaga, Firli melihat para jurnalis yang ditugaskan mengawal pemberitaan KPK kerap menggali lebih dalam kasus korupsi, yang tengah ditangani lembaga antirasuah.

Firli mengapresiasi naluri jurnalistik para wartawan yang biasa menggali berita di KPK. Menurut Firli, setiap berita yang diwartakan kepada publik, sarat dengan edukasi pencegahan hingga penindakan korupsi yang tepat, cepat, terukur, dan efisien.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Saudara Seperjuangan

"Tidak berlebihan jika kami katakan insan pers memiliki andil teramat penting dalam segenap daya dan upaya KPK bersama segenap elemen negara, untuk membentuk peradaban dan budaya antikorupsi di Indonesia," tutur Firli.

Pria berusia 58 tahun ini mengatakan, KPK memandang insan media layaknya saudara seperjuangan dalam perang melawan korupsi di Indonesia. KPK dan insan media bersama-sama menjalankan tugas dan kewajiban yang diberikan bangsa, negara dan rakyat Indonesia dalam menangani kejahatan kemanusiaan meski dalam ruang lingkup berbeda.

"Sama halnya dengan rekan-rekan jurnalis yang terpanggil sebagai pewarta di Tanah Air, profesi sebagai ujung tombak pemberantasan korupsi adalah panggilan hati dan jiwa yang dirasakan oleh segenap insan KPK," katanya.

"Selamat memperingati Hari Pers Nasional ke-76, semoga pers Indonesia terus menyajikan berita dan informasi yang terpercaya, mencerdaskan, dan memajukan, serta mempersatukan bangsa kita," ucap bapak dua anak ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.