Sukses

Jokowi: Gong Xi Fa Cai, Semoga Keberuntungan Senantiasa Iringi Langkah Kita

Di hari raya Imlek, Jokowi mengatakan, tantangan dan ujian datang silih berganti. Namun, manusia telah dibekali kekuatan, keberanian, dan kemampuan untuk menghadapinya.

Liputan6.com, Jakarta Presiden Joko Widodo atau Jokowi mengucapkan selamat Tahun Baru Imlek 2573 Kongzili. Jokowi berharap agar keberuntungan dan kesehatan selalu mengiringi langkah masyarakat semuanya.

"Semoga keberuntungan, kasih sayang, dan kesehatan senantiasa mengiringi langkah kita semua. Gong Xi Fa Cai," kata Jokowi melalui akun instagramnya @jokowi, Selasa (1/2/2022).

Menurut dia, tantangan dan ujian datang silih berganti. Namun, Jokowi mengatakan manusia telah dibekali kekuatan, keberanian, dan kemampuan untuk menghadapinya.

"Karena itulah, segenap lampion harapan tetap kita apungkan," ucap dia.

Sebelumnya, Menteri Agama (Menag) Yaqut Cholil Qoumas mengingatkan umat Konghucu untuk disiplin menjalankan protokol kesehatan saat  merayakan Tahun Baru Imlek 2573 Kongzili. Dia menilai situasi pandemi Covid-19 saat ini masih membahayakan karena melonjaknya kasus varian Omicron.

"Pandemi hingga hari ini belum berhenti. Apalagi dengan terus melonjaknya kasus penularan lokal varian Omicron saat ini sudah seharusnya menjadikan kita makin berhati-hati. Mari kita rayakan Imlek tahun ini dengan kesederhanaan dan jalankan prokes tanpa mereduksi maknanya," kata Yaqut dikutip dari siaran pernya, Sabtu 29 Janauri 2022.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Keluarkan Surat Edaran

Sebagai panduan prokes pada perayaan Imlek, Yaqut telah meneken Surat Edaran No SE 02 Tahun 2022 pada tanggal 25 Januari 2022. Dia meminta agar SE itu benar-benar dijalankan karena bertujuan memberikan rasa aman kepada umat Khonghucu dan masyarakat luas.

"Mari saling mengingatkan akan pentingnya menjaga prokes ini di berbagai kondisi termasuk saat merayakan Imlek," ujarnya.

Yaqut menekankan protokol kesehatan secara ketat harus dilakukan dalam setiap penyelenggaraan Imlek. Mulai dari, Persembahyangan Er Shi Sheng An (Hari Persaudaraan), Persembahyangan Chu Xi (Akhir Tahun), Persembahyangan Hari Raya Tahun Baru Imlek 2573 Kongzili, Persembahyangan Jing Tian Gong (kepada Tian/Tuhan), maupun Persembahyangan Shang Yuan/Yuanxiao/Cap Go Meh.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.