Sukses

80-90 Persen Kasus Covid-19 di Jakarta adalah Varian Omicron

Dinas Kesehatan DKI Jakarta menemukan 80-90 persen kasus Covid-19 di Ibu Kota merupakan varian Omicron. Mayoritas dari transmiri lokal.

Liputan6.com, Jakarta Dinas Kesehatan DKI Jakarta menemukan 80-90 persen kasus Covid-19 di Ibu Kota merupakan varian Omicron. Hasil tersebut berdasar hasil uji dengan metode whole genome sequencing (WGS).

"Hampir 80-90 persen hasil WGS di DKI itu Omicron," kata Kepala Dinas Kesehatan, Widyastuti, di Balai Kota Jakarta, Jumat (28/1/2022).

Menurut dia, di masa awal, kasus Omicron didominasi dari pelaku perjalanan luar negeri. Namun, saat ini, kondisi tersebut berbalik. Mayoritas penularan Omicron di Jakarta didapat dari transmisi lokal.

Merujuk jurnal ilmiah internasional, kata dia, varian Omicron tidak memiliki gejala sedang dan berat.

Oleh karena itu, dia mengingatkan agar masyarakat dengan konfirmasi positif Covid-19 Omicron dengan gejala ringan atau asimtomatik tidak melakukan rawat inap di rumah sakit. Hal ini juga merujuk kepada surat edaran Kementerian Kesehatan.

"Sudah ada edaran terbaru bahwa yang dirawat adalah yang sedang hingga kritis," kata Widya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

BOR

Widya pun mengatakan berdasarkan data yang diterima Dinas Kesehatan, 45 persen tempat tidur telah terpakai oleh pasien di rumah sakit rujukan Covid. Dari persentase tersebut, keterpakaian tempat tidur didominasi oleh pasien tanpa gejala ataupun gejala ringan.

"Dari 45 persen yang dirawat di rumah sakit sebenarnya masih ada bocor, yang ringan dan asymptomatic sekitar 48 persen dari 45 persen, jadi hampir separuhnya (tempat tidur terpakai oleh pasien) asymptomatic dan ringan," katanya.

Dia menyebutkan, saat ini data ketersediaan tempat tidur di ruang isolasi ada 3.900 unit, dan telah terpakai sekitar 1.755 unit atau 45 persen. Melihat porsi keterpakaian tempat tidur ini, Widya mengatakan masih cukup luas ketersediaan tempat tidur.

Sedangkan untuk ruang ICU, Dinkes DKI menyediakan 611 unit tempat tidur dan sudah terpakai 15 persen.

"Spare masih banyak, dan itu belum kapasitas maksimal, karena kapasitas maksimal itu bisa sampai 11 ribu lebih seperti yang tahun lalu," ungkapnya.

 

Reporter: Yunita Amalia

Sumber: Merdeka

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Penyebaran Covid-19 ke seluruh penjuru dunia diawali dengan dilaporkannya virus itu pada 31 Desember 2019 di Wuhan, China

    COVID-19

  • Setelah Covid-19 varian Delta dan Delta Plus, kini varian Omicron menimbulkan kekhawatiran di berbagai negara.

    Omicron

  • Jakarta adalah Ibu Kota Republik Indonesia.
    Jakarta adalah Ibu Kota Republik Indonesia.

    Jakarta