Sukses

Top 3 News: 2 Kriteria Jokowi untuk Calon Kepala Otorita di Ibu Kota Negara Baru

Liputan6.com, Jakarta - Top 3 news hari ini terkait Presiden Joko Widodo atau Jokowi yang mengungkap dua kriteria calon Kepala Otorita di Ibu Kota Negara (IKN) baru bernama Nusantara.

Kedua kriteria tersebut, yaitu memiliki latar belakang arsitektur dan punya pengalaman sebagai kepala daerah. Dia menjelaskan, IKN Nusantara nantinya akan mencerminkan kota yang sehat, kota yang efisien, kota yang produktif, dan zero emission.

IKN yang memiliki luas 265 ribu hektare dibandingkan Jakarta yang hanya 56 ribu hektare, menurut Jokowi, bertujuan untuk pemerataan.

Kemudian, Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) kembali melakukan operasi tangkap tangan (OTT). Kali ini, OTT KPK dilakukan di Pengadilan Negeri (PN) Surabaya.

Disampaikan Wakil Ketua KPK Nurul Ghufron, tim penindakan mengamankan sejumlah uang dalam OTT KPK tersebut.

Berita terpopuler lainnya di kanal News Liputan6.com adalah mahasiswa Fakultas Farmasi UI bernama Bonita Melia (23) meninggal dunia usai tertabrak Kereta Rel Listrik (KRL).

Menurut Kapolsek Beji Kompol Agus Khaeron, pada saat kejadian korban dari arah UI hendak menuju Pondok Cina. Dia mengatakan, korban melintas di palang pintu perlintasan yang sudah tertutup itu dan tidak mengindahkan larangan petugas.

Agus mengungkapkan, akibatnya tubuh korban berbenturan dengan KRL yang melintas. Tubuh korban terseret KRL yang melintas dari perlintasan berpalang pintu hingga ke peron Stasiun Pondok Cina.

Berikut deretan berita terpopuler di kanal News Liputan6.com sepanjang Kamis 20 Januari 2022:

2 dari 5 halaman

1. Jokowi Ingin Kepala Otorita di IKN Nusantara Arsitektur dan Pernah Jadi Kepala Daerah

Usai pemerintah dan DPR mengesahkan UU Ibu Kota Negara (IKN), muncul nama-nama yang kemungkinan akan menjadi calon Kepala Otorita di Nusantara. Presiden Joko Widodo atau Jokowi berharap dua kriteria ini ada di calon pemimpin di IKN.

“Kalau saya pinginnya ada latar belakang arsitektur dan punya pengalaman sebagai kepala daerah,” ungkap Jokowi dalam acara Pertemuan Presiden dengan Pemimpin Redaksi Media Nasional di Istana Negara, Rabu 19 Januari 2022.

Jokowi menjelaskan, IKN akan mencerminkan kota yang sehat, kota yang efisien, kota yang produktif, dan zero emission. IKN akan menjadi ibu kota baru yang smart dan kompetitif.

“Membangun budaya kerja, mindset baru berbasis inovasi dan teknologi,” katanya.

 

Selengkapnya...

3 dari 5 halaman

2. KPK Sita Uang dari OTT Hakim PN Surabaya

Wakil Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Nurul Ghufron menyebut tim penindakan mengamankan sejumlah uang dalam operasi tangkap tangan (OTT) di Pengadilan Negeri (PN) Surabaya.

"Benar KPK telah melakukan giat tangkap tangan di PN Surabaya dengan mengamankan sejumlah uang dan pihak terkait kemarin sore," ujar Ghufron dalam keterangannya, Kamis 20 Januari 2022.

Plt Juru Bicara KPK Ali Fikri mengatakan, dalam operasi senyap kali ini tim penindakan mengamankan tiga orang, yakni seorang hakim dan panitera PN Surabaya, serta seorang pengacara.

"Dalam kegiatan tangkap tangan tersebut, sejauh ini KPK mengamankan 3 orang. Diantaranya hakim, panitera dan pengacara," kata Ali.

 

Selengkapnya...

4 dari 5 halaman

3. Anggota BEM UI Meninggal Tertabrak KRL di Depok

Mahasiswa Fakultas Farmasi UI, Bonita Melia (23) menjadi korban usai tertabrak Kereta Rel Listrik (KRL). Pada saat kejadian, korban melintas di palang pintu perlintasan yang sudah tertutup dan tidak mengindahkan larangan petugas.

Kapolsek Beji, Kompol Agus Khaeron mengatakan, pada saat kejadian korban dari arah UI hendak menuju Pondok Cina. Sesampainya di perlintasan kereta berpalang, korban hendak melintas saat kereta KA 1676 jurusan Jakarta – Bogor akan melintas.

“Korban sempat diteriaki untuk berhenti oleh saksi untuk tidak melintas, korban tidak mengindahkan dan akhirnya tertabrak,” ujar Agus saat dihubungi Liputan6.com, Kamis 20 Januari 2022.

Agus mengungkapkan, akibatnya tubuh korban berbenturan dengan KRL yang melintas. Tubuh korban terseret KRL yang melintas dari perlintasan berpalang pintu hingga ke peron Stasiun Pondok Cina.

 

Selengkapnya...

5 dari 5 halaman

Ibu Kota Negara Baru Bernama Nusantara