Sukses

1 Juta Ruang Kelas di Indonesia Rusak, PSI Desak Pemerintah Memperbaiki

Pihaknya telah mencatat ada sebanyak 1 juta ruang kelas yang rusak di seluruh Indonesia.

Liputan6.com, Jakarta Direktur Propaganda dan Advokasi Kebijakan Publik DPP PSI, Furqan AMC meminta agar adanya perbaikan kondisi sekolah yang rusak. Seperti halnya kondisi di SMPN 1 Cabangbungin, Kabupaten Bekasi.

Kata dia, dari 21 ruang kelas, 9 di antaranya tak bisa digunakan lagi, 2 ruang kelas bahkan sudah ambruk rata dengan tanah. 1 lab IPA juga sudah tak bisa digunakan.

"Kalau sekolah yang relatif dekat dari Jakarta saja rusak parah begini, bagaimana kondisi banyak sekolah di pelosok tanah air," kata Furqan dalam keterangan tertulis, Selasa (18/1/2022).

Furqan menyatakan tak mungkin membiarkan para siswa belajar dengan suasana sekolah yang memprihatinkan. Karena hal itu dia meminta agar sekolah tersebut dapat segera diperbaiki.

"Momentum ini seharusnya menjadi awalan yang baik dan serius untuk memperhatikan kondisi sekolah di seluruh Indonesia," ucapnya.

Lanjut dia, pihaknya telah mencatat ada sebanyak 1 juta ruang kelas yang rusak di seluruh Indonesia.

"Semua siswa berhak memperoleh ruang belajar yang aman dan nyaman," jelas dia.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Berharap Perbaikan Segera

Sementara itu, Ketua Komite Sekolah SMPN 1 Cabungbungin, Rukmin, mengharapkan adanya perbaikan segera dilakukan untuk fasilitas sekolahan tersebut.

"Sebab terus-terang saja kami kekurangan ruang belajar. Dengan jumlah siswa hampir 800, kalau pembelajaran tatap muka 100 persen jelas kami sangat-sangat kekurangan," kata dia.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.