Sukses

5 Fakta Ashanty Dinyatakan Positif Covid-19 Usai Pulang dari Turki

Tak hanya Ashanty, tujuh orang lainnya yang termasuk dalam rombongan keluarga Hermansyah juga dinyatakan positif Covid-19.

Liputan6.com, Jakarta Istri dari Anang Hermansyah, Ashanty dinyatakan positif Covid-19 usai pulang berlibur dari Turki. Kabar tersebut diterima bunda dari Aurel ini usai menjalani tes Polymerase Chain Reaction (PCR) setibanya di Jakarta, pada Kamis, 6 Januari kemarin.

"Di hotel maupun di Bandara negatif. Akhirnya sampai hotel karantina saya menunggu hasil PCR dari bandara dan ternyata positif," ungkap Ashanty, Jumat (7/1/2022).

Tak hanya Ashanty, tujuh orang lainnya yang termasuk dalam rombongan keluarga Hermansyah juga dinyatakan positif Covid-19. Hal ini diungkap Juru Bicara Kementerian Kesehatan RI, Siti Nadia Tarmizi kepada Liputan6.com.

"Total delapan," kata Siti Nadia Tarmizi saat dihubungi Health Liputan6.com pada Jumat siang, 7 Januari.

Terkait kondisi sang bunda, istri dari Atta Halilintar, Aurel Hermansyah meminta doa dari warganet agar ibu sambungnya lekas sembuh.

"Lebih baik kt mendoakan semoga bunda cepat pulih..," lanjut Aurel dengan memberikan dua emotikon.

Berikut kabar terkini soal kondisi Ashanty yang dinyatakan positif Covid-19 usai pulang berlibur dari Turki yang dihimpun dari Liputan6.com: 

 

** #IngatPesanIbu 

Pakai Masker, Cuci Tangan Pakai Sabun, Jaga Jarak dan Hindari Kerumunan.

Selalu Jaga Kesehatan, Jangan Sampai Tertular dan Jaga Keluarga Kita.

#sudahdivaksintetap 3m #vaksinmelindungikitasemua

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

1. Dikabarkan Positif Saat Sedang Jalani Karantina

Ashanty mendapatkan hasil PCR yang menyatakan positif COVID-19 saat sedang menjalani karantina di hotel.

"Saya 2 kali PCR di Istanbul ketika mau pulang, di hotel maupun di bandara negatif. Akhirnya sampai hotel karantina saya menunggu hasil PCR dari bandara ternyata positif," tulis Ashanty melalui akun Instagram pribadinya @ashanty_ash, Jumat (7/1/2022).

Terkait hal tersebut, Ketua Bidang Komunikasi Publik Satuan Tugas (Satgas) COVID-19, Hery Trianto mengungkapkan bahwa memang ada beberapa tahap yang harus dilalui terlebih dahulu saat seseorang pulang dari luar negeri.

"Turun dari pesawat penumpang menjalani PCR, cek suhu, dan screening. Serta administrasi lain hingga menyelesaikan proses imigrasi," ujar Hery dalam keterangan melalui pesan singkat siang ini.

Namun, Hery menjelaskan bahwa untuk menghindari penumpukan penumpang di bandara, mereka pun dibawa ke hotel terlebih dahulu untuk melakukan karantina. Mengingat untuk menunggu hasil PCR pun masih membutuhkan waktu beberapa jam.

Setelah ada hasil, ya dipisahkan," pungkasnya.

3 dari 6 halaman

2. Kena Varian Omicron?

Beredar kabar bahwa Ashanty positif Covid-19 varian Omicron. Terkait isu ini, Siti Nadia memberi jawaban.

"Belum Omicron ya, masih diperiksa," ujarnya.

Untuk diketahui, kasus Covid-19 varian Omicron di Indonesia mayoritas merupakan kasus impor yang berasal dari Turki. Munculnya kasus varian baru ini lantaran Turki tidak menerapkan aturan karantina bagi pelaku perjalanan internasional seiring dibukanya secara bebas sektor parawisata dan ekonomi di negara tersebut.

Hal ini diungkap Dirjen Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Kementerian Kesehatan, Maxi Rein Rondonuwu dalam webinar yang diselenggarakan Rumah Sakit Penyakit Infeksi Prof. Dr. Sulianti Saroso, Kamis, 30 Desember 2021.

4 dari 6 halaman

3. Kronologi

Melalui akun Instagramnya, Ashanty menuturkan kronologinya. Sebelumnya, dia sudah PCR di Istanbul, Turki, dua kali saat hendak pulang. Saat itu hasilnya negatif.

"Di hotel maupun di Bandara negatif. Akhirnya sampai hotel karantina saya menunggu hasil PCR dari bandara dan ternyata positif," ungkapnya.

5 dari 6 halaman

4. Dari Hotel Dilarikan ke RS

Karena memiliki penyakit bawaan yaitu autoimun, Ashanty akhirnya dilarikan ke rumah sakit untuk mendapat perawatan.

"Karena saya punya penyakit autoimune dan demi keselamatan bersama saya isolasi di RS," ujarnya.

Dari unggahan Ashanty sebelumnya, dia dan keluarganya terlihat mulai karantina di Hotel Sahid, Jakarta. Tampaknya unggahan itu dibuat sebelum hasil PCR-nya dinyatakan positif.

"Saya tidak karantina mandiri ataupun di hotel karantina, melainkan di RS," tutupnya.

6 dari 6 halaman

5. Tidak Alami Gejala Berat

Ashanty memang diketahui memiliki penyakit autoimun sejak tahun 2019 lalu. Ia bahkan sempat melakukan pengobatan ke Dubai untuk memeriksakan kondisinya dan melakukan operasi.

Kondisinya terkait Covid-19 juga dibeberkan melalui media sosialnya. Ashanty mengungkapkan bahwa sejauh ini dirinya belum merasakan gejala yang berat.

"Alhamdulillah belum merasakan gejala berat, namun saya tetap menjalankan prosedur sesuai kesehatan saya yang punya penyakit bawaan, dan agar tidak menyebarkan pada orang lain," kata Ashanty.

"Sehingga saya tidak karantina mandiri ataupun di hotel karantina, melainkan di RS," tambah ibu empat anak tersebut.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.