Sukses

Berlakukan Bebas Kerumunan di Malam Tahun Baru, TMII Naikkan Harga Tiket

Liputan6.com, Jakarta Pengelola Taman Mini Indonesia Indah (TMII) menaikkan harga tiket masuk bagi wisatawan saat libur Natal dan Tahun Baru 2022.

Humas TMII Adi Widodo di Jakarta mengatakan, harga tiket masuk bagi wisatawan saat ini naik menjadi Rp 25.000 dari sebelumnya Rp 20.000.

"Kenaikan harga tiket sudah berlaku sejak 18 Desember lalu, khusus untuk tiket individu naik sebesar Rp 5 ribu," kata Adi Widodo, Sabtu (25/12/2021).

Menurut Adi, kenaikan harga tiket masuk itu bertujuan untuk meningkatkan pelayanan TMII kepada wisatawan yang datang berkunjung, sekaligus mengantisipasi lonjakan pengunjung pada libur Natal dan Tahun Baru.

Pengelola TMII, kata dia, menerapkan protokol kesehatan ketat bagi wisatawan yang berkunjung.

"Untuk kendaraan bermotor pengunjung juga diberlakukan kebijakan ganjil-genap selama libur Natal dan Tahun Baru," katanya.

Sebelumnya, Polda Metro Jaya mengatakan bakal menerapkan "malam bebas kerumunan" saat pergantian tahun 2021 menuju 2022 di sejumlah lokasi di Ibu Kota untuk menekan penularan COVID-19.

"Kemungkinan besar kami juga akan memberlakukan crowd free night seperti pada malam pergantian tahun 2020-2021 dan nanti 2021 ke 2022," kata Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya Komisaris Besar Polisi Sambodo Purnomo Yogo di Jakarta, Selasa lalu.

Sambodo memperkirakan lokasi malam bebas kerumunan itu akan berlaku di sepanjang Jalan Sudirman-Jalan Thamrin dan di kawasan Bundaran Hotel IIndonesia (HI).

Tak hanya itu, lanjut dia, malam bebas kerumunan rencananya juga dilaksanakan di lokasi lain, di antaranya Taman Mini Indonesia Indah (TMII), kawasan Ancol, Kanal Banjir Timur (KBT) serta sejumlah lokasi lain yang kerap menjadi pusat keramaian saat pergantian tahun.

"Lokasinya yang memang sering dijadikan acara malam pergantian tahun pasti akan kami laksanakan crowd free night," katanya.

 

2 dari 2 halaman

Dukungan Pemprov DKI

Pemprov DKI Jakarta pun mendukung rencana Polda Metro Jaya menerapkan malam bebas kerumunan atau crowd free night di sejumlah titik di Jakarta pada malam Tahun Baru 2022.

"Tahun lalu juga kami lakukan, kami tutup jalan-jalan ramai di Jakarta, yang berpotensi dapat menimbulkan kerumunan," kata Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria di Balai Kota Jakarta, Selasa.

Menurut Riza, program malam bebas kerumunan di sejumlah ruas jalan di Jakarta pada malam Tahun Baru memberikan dampak yang baik khususnya dalam mencegah keramaian yang berpotensi menimbulkan penularan COVID-19.