Sukses

Malam Puncak Nugraha Karya Desa BRILian, BRI Umumkan Pemenang Desa BRILian 2021

BRI kembali menghadirkan acara tatap muka, dengan protokol kesehatan ketat, yaitu Malam Puncak Nugraha Karya Desa BRILian yang digelar pada 14 Desember 2021.

Liputan6.com, Jakarta Setelah dua tahun terakhir melewati pandemi dan menggelar acara secara virtual, BRI kembali menghadirkan acara tatap muka, dengan protokol kesehatan ketat, yaitu Malam Puncak Nugraha Karya Desa BRILian yang digelar pada 14 Desember 2021.

Acara bertajuk “Memberi Makna Indonesia” tersebut dihadiri Wakil Direktur Utama BRI Catur Budi Harto, Direktur Bisnis Mikro Supari dan jajarannya, para Kepala Desa dan stakeholder terkait. Inti dari acara ini adalah memilih juara dari lima finalis Desa Brilian 2021.

Dalam sambutannya, Catur Budi Harto mengatakan bahwa sesuai dengan tema acara tersebut, BRI terus menjalankan perannya sebagai bank yang fokus terhadap UMKM. BRI, kata Catur, hadir tidak sebatas sebagai financial intermediary, namun juga memiliki fungsi pemberdayaan.

"Dalam hal ini, tentunya pemberdayaan di desa perlu diperhatikan. Sejak 2020, BRI turut hadir dalam upaya mengembangkan desa melalui Program Desa Brilian. Ini merupakan program inkubasi desa, untuk menghasilkan role model dalam pengembangan desa melalui implementasi, praktek kepemimpinan desa yang unggul dan semangat kolaborasi untuk mengoptimalkan potensi desa berbasis Sustainable Development Goals," kata Catur.

Nah, setelah melalui serangkaian proses yang ada dalam Program Desa Brilian, juri pun siap memilih para pemenang yang dipilih secara langsung. Ya, pemenang yang dipilih berdasarkan voting masyarakat, setelah melihat jawaban para Kepala Desa yang diberikan oleh dewan juri.

Pertanyaan yang dilontarkan para juri, tentunya berkaitan dengan pemberdayaan desa. Mulai dari infrastruktur, pengembangan strategi berkelanjutan, hingga inovasi yang dilakukan desa. Dari lima finalis, terpilihlah pemenangnya. Mereka adalah:

  • Juara 1 : Desa Sukalaksana
  • Juara 2 : Desa Ketapanrame
  • Juara 3 : Desa Kemudo
  • Runner up 1 : Desa Talok
  • Runner up 2 : Desa Bhuana Jaya
  • Prukades Terbaik: Desa Selur
  • Desa Terfavorit: Desa Talok

 

 

Pemenang Juara I selain membawa hadiah uang senilai Rp100 juta, juga menerima piala bergilir yang nantinya akan diserahkan pada acara Desa BRILian selanjutnya. Dengan digelarnya acara ini, Catur berharap pemenang Desa BRILian dapat menjadi sumber inspirasi kemajuan, di mana inovasinya dapat direplikasi ke desa lain.

 

(*)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini