Sukses

Perbedaan Hari Ibu dan Perayaan Mother's Day

Peringatan Hari Ibu di Indonesia berlangsung pada 22 Desember atau tepat pada hari ini, Rabu (22/12/2021). Tahukah jika Indonesia menjadi negara terakhir yang merayakan Hari Ibu?

Liputan6.com, Jakarta - Peringatan Hari Ibu di Indonesia berlangsung pada 22 Desember atau tepat pada hari ini, Rabu (22/12/2021). Tahukah jika Indonesia menjadi negara terakhir yang merayakan Hari Ibu?

Rupanya, peringatan Hari Ibu di setiap negara itu berbeda-beda. Karena pada umumnya, negara-negara di dunia merayakan Hari Ibu atau Mother's Day pada Mei. Begitu pula di Amerika Serikat.

Lantas, apa perbedaan Hari Ibu dan Perayaan Mother's Day?

Menurut situs USA Mother's Day, Hari Ibu di AS dimulai oleh tokoh perempuan bernama Anna Jarvis pada 1908. Namun, Jarvis mengaku menyesal menjadi pencentus Hari Ibu.

Sebab, Jarvis melihat Hari Ibu malah menjadi ajang cari untung, seperti maraknya penjualan kartu dan bunga-bunga.

Hingga kini, pemberian ucapan kartu atau bunga masih menjadi tradisi Hari Ibu di AS.

Bagaimana dengan di Indonesia? Berikut cerita singkat di balik sejartah Hari Ibu di Indonesia dihimpun Liputan6.com dari berbagai sumber:

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Hasil Kongres

Rupanya, lahirnya Hari Ibu tak lepas dari Kongres Perikatan Perempuan Indonesia III yang dilaksanakan pada 23 sampai 28 Juli 1938 silam.

Kongres itu membahas tentang Undang-Undang Perkawinan Modern, soal hak pilih, dan dipilih bagi kaum perempuan untuk posisi di Badan Perwakilan atau Volksraad.

Melansir laman www.indonesia.go.id, Rabu (22/12/2021), dari kongres itu kemudian diputuskan 22 Desember diperingati sebagai Hari Ibu.

Kongres Perikatan Perempuan Indonesia (PPI) III di Bandung dipimpin oleh Emma Puradirejda. Organisasi ini semacam federasi dari berbagai organisasi dan perkumpulan pergerakan perempuan di Indonesia.

Kongres PPI III tak lepas dari Kongres PPI I sejak 22 sampai 25 Desember 1928. Karena tanggal Kongres PPI I itu yang kemudian disepakati sebagai Hari Ibu, yaitu 22 Desember.

Sebanyak 600 orang perwakilan organisasi kemasyarakatan perempuan dan wanita dari pelbagai latar belakang sosial budaya menghadiri kongres tersebut.

Dalam kongres dibahas tentang usaha perjuangan untuk perbaikan hidup perempuan dan kesetaraan antara kaum perempuan dengan kaum laki-laki.

 

3 dari 5 halaman

Berubah Nama

Para peserta kongres sepakat perempuan tidak hanya harus duduk di dapur saja, kecuali jika menjadi nomor satu di dapur.

Mereka juga berpendapat sudah saatnya mengangkat derajat buat kaum perempuan, lelaki dan perempuan harus berjalan beriringan.

PPI dalam kongres II-nya pada 28-31 Desember 1929 di Jakarta, mengubah nama PPI menjadi PPII (Perikatan Perhimpunan Istri Indonesia).

PPII memiliki asas kebangsaan, persamaan, jiwa sosial, dan persamaan hak di antara laki-laki dan perempuan. Dari perjalanan panjang itulah kemudian dilaksanakannya Hari Ibu.

 

4 dari 5 halaman

Pencetus Hari Ibu

Dikutip dari berbagai sumber, Emma Pureadiredja adalah sosok di balik tercetusnya Hari Ibu. Ia merupakan sosok wanita kelahiran Cilimus, Kuningan 13 Agustus 1902 yang cukup diperhitungkan dalam merangkul para perempuan agar tetap berdikari dalam membela Indonesia.

Emma Puradiredja berlatar belakang keluarga menak. Emma remaja memeroleh akses pendidikan yang cukup memadai untuk menyuarakan pergerakan kaum muda di Jawa Barat.

Ia mendirikan Pasundan Istri (PASI) dengan dilanjutkan menjadi ketua Kongres Perempuan Indonesia ke-3 di Bandung.

Pada 2017 lalu Emma menjadi salah satu tokoh yang rekam jejaknya ditampilkan di Museum Sumpah Pemuda. Nama Emma Puradiredja juga disematkan menjadi nama sebuah rumah sakit bersalin.

Emma Puradiredja wafat pada 19 April 1976 di Rumah Sakit Hasan Sadikin Bandung. Ia dikebumikan pada 20 April 1976 di Taman Makam Pahlawan Cikutra Bandung, Jawa Barat.

5 dari 5 halaman

Hari Ibu

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.