Sukses

KSAD Jenderal Dudung Terima 3 Brevet dan Baret Merah dari Kopassus

Sebelum mendapatkan brevet dan baret merah, KSAD Dudung Abdurachman mantan Pangkostrad itu telah melalui serangkaian latihan.

Liputan6.com, Jakarta - Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal TNI Dudung Abdurachman menerima tiga Brevet dari Korps Baret Merah yang disematkan oleh Danjen Kopassus Mayjen TNI Teguh Muji Angkasa. 

Ada pun ketiga brevet tersebut yakni Brevet Komando, Brevet Anti-teror, dan Brevet Para Utama dari Kopassus. Penyematan itu melalui upacara militer yang berlangsung di Lapangan Mako Komando Pasukan Khusus (Kopassus) Cijantung, Jakarta Timur, Selasa (21/12/2021).

Selain disematkan tiga brevet, Jenderal Dudung juga dipakaikan baret merah dan pisau komando oleh Danjen Kopassus. 

Sebelum mendapatkan brevet dan baret merah, mantan Pangkostrad itu telah melalui serangkaian latihan. Antara lain, latihan serbuan gedung, menembak runduk dari atas gedung Satgultor 81, latihan melakukan serbuan ruangan di pesawat, latihan mengatasi rintangan bahaya ular, latihan melempar pisau, dan latihan serangan regu komando unit 8. 

Uniknya, sebelum disematkan kepada Jenderal Dudung, brevet dan baret Kopassus itu dibawa oleh salah satu penerjun Kopassus bernama Serda Kowad Safira yang terjun bebas (free fall) dari ketinggian 4.000 kaki dengan menggunakan helikopter.

Dudung mengatakan, menerima brevet dan baret Kopassus merupakan suatu kebanggaan baginya sebagai KSAD

"Tentunya tadi sudah saya lewati beberapa latihan yang dilaksanakan oleh prajurit-prajurit Komando termasuk prajurit Kopassus Anti Teror. Ini sudah sebagian saya lewati dan memang latihan sangat berat. Ini menunjukkan tidak mudah menjadi prajurit Kopassus," kata Dudung dilansir Antara.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Pesan KSAD Dudung untuk Korps Baret Merah

Untuk itu dia mengucapkan terima kasih kepada Danjen Kopassus Mayjen TNI Teguh Muji Angkasa atas penghargaan ini. 

"Saya mengucapkan terima kasih yang tulus dan penghargaan yang tinggi kepada Danjen Kopassus beserta seluruh anggota dan keluarga besar korps baret merah. Hal ini akan saya jadikan motivasi untuk melaksanakan tugas dan tanggungjawab pembinaan dengan baik terhadap Kopassus dan TNI AD," kata Dudung. 

Jenderal bintang empat ini menambahkan, sebuah kehormatan sekaligus kebanggaan tersendiri baginya. Karena tidak semua prajurit mendapatkan brevet dengan kualifikasi khusus seperti ini. 

"Sekali lagi saya mengucapkan terima kasih yang telah menerima saya sebagai warga kehormatan Korps Baret Merah. Mari kita bersama-sama membangun Korps Baret Merah ini agar ke depan kiprahnya semakin baik dan membanggakan," ucapnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.