Sukses

Gaya Ridwan Kamil dan Wali Kota Depok Adu Memancing di Situ Rawa Kalong

Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil bersama Wali Kota Depok, Mohammad Idris pun tertarik untuk mencoba memancing saat meninjau rencana revitalisasi Situ Rawa Kalong.

Liputan6.com, Depok - Situ Rawa Kalong di Kecamatan Cimanggis, Kota Depok, merupakan salah satu danau yang kerap didatangi warga untuk memancing. Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil bersama Wali Kota Depok, Mohammad Idris pun tertarik untuk mencoba memancing saat meninjau rencana revitalisasi Situ Rawa Kalong.

Pukul 12.30 WIB, Sabtu 18 Desember 2021, kendaraan iring-iringan orang nomor satu di Jawa Barat itu memasuki jalan di sekitar Situ Rawa Kalong. Wali Kota Depok, Mohammad Idris pun menyambut Ridwan Kamil yang menggunakan pakaian kemeja putih.

Sambil beristirahat, Ridwan Kamil berbincang dengan tim SDA Provinsi Jawa Barat dan Wali Kota Depok terkait revitalisasi Situ Rawa Kalong untuk dijadikan destinasi wisata air.

Usai melakukan diskusi, Ridwan Kamil bersama Mohammad Idris mengelilingi Situ Rawa Kalong dengan menggunakan rompi dan pelindung kepala. Saat berjalan peninjauan, Ridwan Kamil melihat seorang warga yang sedang memancing di Situ Rawa Kalong.

"Bapak mancing di sini pak?" tanya pria yang kerap disapa Kang Emil itu.

"Iya pak," jawab pria yang mengenakan pakaian lengan panjang berkelir biru.

Emil pun menanyakan sejumlah pertanyaan lanjutan kepada pria tersebut. Salah satunya, soal hasil tangkapannya di Situ Rawa Kalong.

"Mancing sejak kapan, sudah dapat ikan belum?" tanya Emil.

Pria tersebut pun menjawab hanya memanfaatkan waktu luang untuk memancing saat istirahat kerja. Ikan yang didapat akan dibawa pulang untuk dimasak dan dikonsumsi bersama keluarganya.

"Mancing kalau lagi istirahat kerja, sudah dapat pak," jawab dia.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Adu Mancing

Setelah berkomunikasi, Emil bersama Mohammad Idris melanjutkan kembali perjalanannya untuk meninjau pembangunan Situ Rawa Kalong. Bahkan Emil sempat menyapa warga di sekitar Situ Rawa Kalong dan meminta untuk tetap menggunakan masker, walaupun Covid-19 di Kota Depok sudah menurun.

“Tetap menggunakan masker ya bu, itu tolong digunakan maskernya,” seraya Emil memberikan masker kepada warga.

Sesampainya di lokasi yang rindang di pinggiran Situ Rawa Kalong, Ridwan Kamil mengajak Mohammad Idris mengadu ketangkasan dalam memancing. Dua buah alat pancing diberikan kepada Emil dan Mohammad Idris. 

“Saya ingin coba memancing sama Pak Wali Kota Depok,” ucap Emil sambil menerima alat pancing yang diberikan kepada dirinya dan Mohammad Idris. 

Mendapatkan alat pancing, Mohammad Idris mengatakan, tidak bisa mancing. Namun tetap berusaha mengikuti ajakan Gubernur Jawa Barat untuk mancing bersama di Situ Rawa Kalong.

Sebuah candaan diberikan Emil pada saat memancing bersama Mohammad Idris. Candaan tersebut membuat suasana menjadi riang di tengah peninjauan pembangunan Situ Rawa Kalong yang direncanakan selesai pada Mei 2022.

“Saya akan mancing ikan, Pak Wali Depok akan mancing keributan, nanti kita lihat siapa yang akan menang duluan,” kelakar bercanda Emil disambut tertawaan dari tim peninjauan pembangunan Situ Rawa Kalong.

Terlihat Gubernur Jawa Barat dan Wali Kota Depok berusaha mendapatkan ikan dari kail pancing di Situ Rawa Kalong. Usaha dengan menggerakan joran pancing dilakukan Emil, namun tidak ada satupun ikan yang nyangkut di kali kedua pimpinan daerah tersebut.

“Tidak dapat ikannya,” ucap Emil sambil memberikan pancing kepada warga.

 

3 dari 3 halaman

Revitalisasi

Sebagai informasi, Situ Rawa Kalong merupakan salah satu situ yang berada di Kelurahan Curug, Kecamatan Cimanggis, Kota Depok. Dahulunya situ tersebut banyak keramba sebagai pemanfaatan warga untuk perikanan. Tidak hanya itu, tanaman eceng gondok hingga gulma memenuhi Situ yang berada tidak jauh dari Jalan Raya Bogor.

Tahun ini, Pemerintah Provinsi Jawa Barat melakukan revitalisasi situ Rawa Kalong untuk dijadikan destinasi wisata. Melalui Dinas Sumber Daya Air Provinsi Jawa Barat, Situ Rawa Kalong sedang dibangun dengan sejumlah sarana dan prasarana sebagai lokasi wisata di Kota Depok.

Penataan dan revitalisasi Situ Rawa Kalong Tahap II, menggunakan anggaran dari dana pemulihan ekonomi nasional 2021. Anggaran tersebut mencapai Rp15.157.874.567, dengan pengerjaan selama 122 hari kalender atau selesai pada akhir 2021. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.