Sukses

Vaksinasi Covid-19 Anak di Depok Bisa Dilakukan di Puskesmas

Mary Liziawati mengatakan, untuk vaksinasi Covid-19 bagi anak usia 6 hingga 11 tahun, bila sekolah ada yang belum siap melaksanakannya, bisa dilakukan di Puskesmas.

Liputan6.com, Jakarta Kepala Dinas Kesehatan Kota Depok, Mary Liziawati mengatakan, untuk vaksinasi Covid-19 bagi anak usia 6 hingga 11 tahun, bila sekolah ada yang belum siap melaksanakannya, bisa dilakukan di Puskesmas.

"Jadi memang ada yang sudah siap di sekolah ada juga yang belum siap, jadi silahkan yang bisa di puskesmas ke puskesmas," kata dia, Rabu (15/12/2021).

Mary pun berharap, dengan dijadikannya Depok sebagai tempat perdana dilakukannya vaksinasi Covid-19 bagi anak usia 6 hingga 11 tahun, pihaknya optimis bisa cepat meraih kekebalan komunal atau herd immunity.

"Kedepan harapannya dengan sudah mulai 6-11 tahun itu vaksinasi, ya kita lebih cepat mencapai herd immunity," ungkap dia.

Mary memastikan ketersediaan vaksin di Kota Depok dinyatakan aman dan stok vaksin mencukupi. Kementerian Kesehatan Republik Indonesia telah menyiapkan vaksin anak usia 6 hingga 11 tahun.

Dia mengungkapkan, vaksin yang diberikan kepada anak merupakan Sinovac begitupun dengan dosis pemberiannya. Pemberian vaksin pertama dan kedua memiliki tenggat waktu seperti halnya vaksinasi dewasa. "Interval pemberiannya nanti yang dosis keduanya juga 28 hari," ungkap Mary.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Cek Kadarluasa Vaksin

Mary menuturkan, pencapaian vaksinasi Covid-19 hingga Desember telah mencapai diatas 70 persen sesuai dengan arahan Presiden. Target vaksinasi di Kota Depok mencapai 1,6 juta, sehingga melakukan penyisiran di tiap Kecamatan untuk mencapai target vaksinasi tersebut.

"Kita sudah menyisir di kecamatan, kelurahan hingga Rt dan RW dengan cakupan sekitar 70,74 persen," kata dia.

Terkait kadaluarsa vaksin pada akhir Desember nanti, Mary menambahkan, akan melakukan pengecekan kembali. Selain itu, Dinas Kesehatan Kota Depok sudah meningkatan capaian vaksinasi di Puskesmas dan pelayanan kesehatan.

"Kita akan cek kembali kalau ada yang mendekati ekspired itu yang harus segera dipakai," kata dia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.