Sukses

Ketua KPK Firli Bahuri Diminta Hadiri Pelantikan Novel Baswedan Cs Jadi ASN Polri

Novel Baswedan dan 43 mantan pegawai KPK yang dipecat karena tak lolos TWK akan dilantik menjadi ASN Polri, pada Kamis besok, 9 Desember 2021.

Liputan6.com, Jakarta - Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Firli Bahuri diminta menghadiri pelantikan 44 mantan pegawai KPK menjadi aparatur sipil negara (ASN) di Kepolisian. Diketahui, Novel Baswedan cs akan dilantik menjadi ASN Polri, pada Kamis 9 Desember 2021 besok.

"MAKI memohon kepada Bapak Firli Bahuri, Ketua KPK untuk berkenan hadir pada saat pelantikan 44 mantan pegawai KPK menjadi ASN Bareskrim Polri," ujar Koordinator Masyarakat Anti Korupsi Indonesia (MAKI) Boyamin Saiman dalam keterangannya, Rabu (8/12/2021).

Menurut Boyamin, kehadiran Firli dalam pelantikan ASN Polri tersebut bisa dijadikan ajang perdamaian antaraparat pemberantasan korupsi. Boyamin berharap dengan perdamaian antara Firli dan Novel Baswedan cs akan memperkuat tugas pemberantasan korupsi.

"Tes Wawasan Kebangsaan yang dilakukan KPK sebelumnya telah membuat 44 orang tersebut berpindah ke Bareskrim Polri. Diakui atau tidak, suka atau tidak suka telah menimbulkan jurang pemisah antara pimpinan KPK dengan 44 orang tersebut, sehingga diperlukan kebesaran jiwa untuk islah atau berdamai kembali demi kebaikan bangsa dan negara," kata Boyamin.

Menurut Boyamin, perdamaian harus diinisiasi Firli Bahuri sebagai sosok yang lebih matang dan memiliki jabatan yang tinggi. Boyamin berharap Firli bisa menutup masa lalu dan membuka lembaran baru demi sinergitas pemberantasan korupsi.

"Kami tidak memandang siapa yang benar dan siapa yang salah dalam kasus TWK. Sekali lagi, kami memohon kehadiran Bapak Firli Bahuri pada saat pelantikan ASN 44 eks KPK," kata Boyamin.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Novel Baswedan Cs Dilantik Besok

Polri menjadwalkan pelantikan 44 mantan pegawai Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), pada Kamis 9 Desember 2021 besok. Pelantikan Novel Baswedan cs itu bakal dipimpin oleh As SDM Polri pada pukul 09.00 WIB.

Hal itu dibenarkan Kadiv Humas Polri Irjen Dedi Prasetyo.

"Iya betul. Selanjutnya akan mengikuti pendidikan di Pusdikmin Bandung," ujar Dedi saat dikonfirmasi, Rabu (8/12/2021).

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.