Sukses

Infografis Heboh Kabar China Klaim Natuna hingga Tuntut Setop Pengeboran Migas

Kabar diplomat China melayangkan sepucuk surat ke Kemlu RI menjadi perbincangan hangat publik dalam beberapa hari terakhir. Terutama setelah sejumlah media asing memberitakannya.

Liputan6.com, Jakarta - Kabar diplomat China melayangkan sepucuk surat kepada Kementerian Luar Negeri Republik Indonesia atau Kemlu RI menjadi perbincangan hangat publik dalam beberapa hari terakhir. Terutama setelah sejumlah media asing memberitakannya.

Dalam surat yang dikirim pada awal 2021, China menuntut Indonesia menghentikan pengeboran minyak dan gas alam atau migas di Natuna, ujung selatan Laut China Selatan. Tiongkok mengeklaim wilayah perairan tersebut masuk teritorinya.

Namun, Kementerian Luar Negeri dan Kementerian Pertahanan China, termasuk Kedutaan Besar mereka di Jakarta, belum menanggapi. Pun demikian Kemlu RI yang tak mau berkomentar lebih jauh terkait pemberitaan tersebut.

Bagaimana klaim China versus status hukum internasional Indonesia di Natuna, Laut China Selatan? Bagaimana pula pernyataan pemimpin kedua negara di forum resmi? Simak dalam rangkaian Infografis berikut ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Infografis

3 dari 4 halaman

Klaim China Vs Indonesia

4 dari 4 halaman

Pernyataan di Forum Resmi

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.