Sukses

Sering Ganti Kebijakan, Jokowi: Wong Virusnya Juga Berubah dan Bermutasi

Liputan6.com, Jakarta Presiden Joko Widodo atau Jokowi mengakui bahwa pemerintah sering menggonta-ganti kebijakan penanganan Covid-19. Menurut dia, hal ini dilakukan pemerintah karena virus corona terus bermutasi dan memunculkan varian baru.

"Banyak yang bertanya ini kok pemerintah ini kayak bingung berubah-ubah. Lah wong penyakitnya, virusnya juga berubah-ubah kok. Bermutasi, berubah-ubah," kata Jokowi saat memberikan pengarahan kepada Kepala Kesatuan Wilayah yang ditayangkan di Youtube Sekretariat Presiden, Jumat (3/12/2021).

Adapun selama sekitar satu setengah tahun menangani pandemi Covid-19, pemerintah telah beberapa kali menerapkan kebijakan berbeda. Pada awal pandemi, pemerintah menerapkan kebijakan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB).

Seiring berjalannya waktu dan kasus Covid-19 mulai melandai, diterapkanlah kebijakan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) mikro. Selanjutnya, pemerintah memberlakukan PPKM darurat merespons kasus Covid-19 yang melonjak drastis.

Kini, pemerintah menerapkan PPKM level 1 sampai 4 di Indonesia. Jokowi menekankan perubahan kebijakan yang dilakukan pemerintah merujuk pada situasi Covid-19 di tanah air.

"Kalau strategi kita tetap ya ditinggal sama virusnya kita. Kenapa kita berubah strategi, lapangan karena virusnya ini bermutasi, berubah-ubah. Pakai cara ini tidak bisa, pakai cara ini tidak bisa. Selalu berubah," jelasnya.

2 dari 2 halaman

Positif pada Perekonomian

Kebijakan yang berubah ini berdampak positif kepada perekonomian nasional sebab ada beberapa sektor publik dilonggarkan. Jokowi menuturkan ekonomi nasional yang sempat anjlok karena Covid-19 kini mulai membaik.

"Ekonomi kita alhamdulillah mulai kelihatan naiknya," ucap Jokowi.

 

 

  • Presiden Jokowi hibur anak-anak dengan atraksi sulap di peringatan Hari Anak Nasional, di Pekanbaru, Riau.
    Joko Widodo merupakan Presiden ke-7 Indonesia yang memenangi Pemilihan Presiden bersama wakilnya Jusuf Kalla pada 2014
    Jokowi
  • PPKM adalah singkatan dari Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat.
    PPKM
  • PSBB