Sukses

Panglima TNI Temui Kapolri Bahas Sinergitas hingga Keamanan Papua

Keduanya membahas sejumlah hal, mulai dari sinergitas TNI-Polri, percepatan vaksinasi Covid-19, hingga penanganan Kamtibmas di Papua.

Liputan6.com, Jakarta Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa menemui Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo di Mabes Polri, Jakarta Selatan, Selasa (23/11/2021). Keduanya membahas sejumlah hal, mulai dari sinergitas TNI-Polri, percepatan vaksinasi Covid-19, hingga penanganan Kamtibmas di Papua.

"Siang hari ini rekan-rekan sekalian, saya datang kepada Kapolri di Mabes Polri untuk secara resmi menyampaikan apa yang mungkin Bapak Kapolri dan staf yang selama ini sudah beroperasi, punya pesan atau evaluasi yang perlu saya tahu," tutur Andika usai pertemuan dengan Kapolri.

"Jadi supaya dalam memulai tugas saya ini, saya sudah bisa langsung melakukan perbaikan-perbaikan berdasarkan masukan dari Kapolri. Khususnya hubungan tugas yang memang melibatkan kedua institusi. Itu saja secara umum," sambungnya.

Menurut Andika, ada banyak rencana kinerja bersama antara TNI-Polri ke depannya. Termasuk soal percepatan vaksinasi Covid-19 yang menjadi fokus pemerintah dan perintah langsung Presiden Joko Widodo atau Jokowi.

"Fokus kami berdua sesuai dari instruksi Presiden adalah mengejar provinsi-provinsi yang memang vaksinasinya belum sampai 50 persen. Jadi itu yang dalam waktu dekat, seminggu dua minggu ini akan kita berusaha kejar supaya mereka bisa mengikuti provinsi-provinsi lain melebihi 50 persen, dan bahkan di akhir tahun sudah sesuai dengan target yang dipatok pemerintah 70 persen," jelas dia.

Tidak ketinggalan soal penanganan keamanan dan ketertiban masyarakat (Kamtibmas) di Papua. Andika mengaku terjadwal menyambangi Papua pada pekan depan dan akan memaparkan konsep terkini kinerja dan sinergitas TNI-Polri.

"Iya itu salah satu yg kita bicarakan. Karena kan di sana juga ada overlaping tugas yang kita lakukan berdua atau dua institusi TNI-Polri dan itu kita bahas cukup detail tadi," kata Andika.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Meningkatkan Soliditas dan Sinergitas

Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo menambahkan, TNI Polri akan terus meningkatkan soliditas dan sinergitas demi menyelesaikan berbagai tugas yang diberikan oleh pemerintah. Baik penanganan Kamtibmas hingga akselerasi vaksinasi Covid-19.

"Kemudian tentunya bagaimana kita mengubah paradigma terhadap pola-pola penanganan terhadap beberapa gangguan kriminalitas seperti di Papua, di Poso, dan juga kegiatan-kegiatan lain yang akan terus kita bangun dan tingkatkan untuk memperkuat dan membesarkan apa yang selama ini sudah kita jalin, khususnya dalam sinergitas dan soliditas," kata Listyo.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.