Sukses

Habiskan Dana Rp 1,27 Triliun, Bendungan Karalloe Gowa Diresmikan Jokowi

Jokowi menyampaikan keberadaan Bendungan Karalloe ini diharapkan dapat menaikkan hasil pertanian Kabupaten Jeneponto Sulawesi Selatan. Sehingga, dapat meningkatkan pendapatan untuk kesejahteraan petani.

Liputan6.com, Jakarta Presiden Jokowi meresmikan Bendungan Karalloe di Kabupaten Gowa Sulawesi Selatan, Selasa (23/11/2021). Jokowi mengatakan pembangunan Bendungan Karalloe ini menghabiskan anggaran sebesar Rp 1,27 triliun.

"Alhamdulillah bendung karalloe yang dibangun menghabiskan anggaran 1,27 trilun, hari ini, Alhamudulillah telah selesai dan siap kita resmikan," kata Jokowi saat peresmian sebagaimana ditayangkan di Youtube Sekretariat Presiden, Selasa, 23 November 2021. 

Menurut dia, bendungan tersebut mampu mengairi 7.000 hektare lahan pertanian yang ada di Kabupaten Jeneponto Sulawesi Selatan. Kendati bendungan ini berada di Kabupaten Gowa, namun yang mendapatkan manfaat adalag petani Kabupaten Jeneponto.

"7.000 (hektare), sekali lagi 7.000 hektare… Sebuah keluasan yang sangat besar sekali," ujarnya.

Jokowi menyampaikan keberadaan Bendungan Karalloe ini dapat menaikkan hasil pertanian Kabupaten Jeneponto Sulawesi Selatan. Sehingga, dapat meningkatkan pendapatan untuk kesejahteraan petani.

"Dengan bendungan karalloe ini petani yang sebelumnya hanya panen padi sekali, palawija sekali, nanti Insya Allah bisa dua kali panen padi dan sekali palawija," jelasnya.

Selain itu, Jokowi menyebut Bendungan Karalloe dapat mengurangi banjir di Kabupaten Jeneponto sebesar 49 persen. Terlebih, Kabupayen Jeneponto sempat mengalami banjir besar pada 2019 lalu.

"Nah ini dengan adanya bendungan karalloe ini akan bisa dikurangi 49 persen banjir yang ada. Ini akan juga memberikan dampak yang baik karena airnya di-manage dari bendungan karalloe ini dan juga kemanfaatan bagi pembangkit listrik, air baku, yang semuanya nanti diperuntukkan bagi masyarakat," tutur Jokowi.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Bendungan ke-9 yang Diresmikan Jokowi

Sebelumnya, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Basuki Hadimuljono  mengatakan Bendungan Karalloe merupakan bendungan kesembilan yang akan diresmikan oleh Presiden Jokowi selama tahun 2021.

Dari sembilan bendungan tersebut, tiga di antaranya berada di Sulawesi Selatan (Sulsel).

"Bendungan ini adalah bendungan kesembilan yang besok akan diresmikan oleh Presiden Jokowi untuk tahun 2021 ini. September kemarin kita resmikan Bendungan Passeloreng yang juga ada di Sulsel dan sekarang di Jeneponto ini," ujarnya kepada wartawan, Senin 22 November 2021.

Basuki menyebut Bendungan Karalloe sebenarnya sudah dilakukan sejak tahun 2013. Hanya saja, pembangunannya terkendala pembebasan lahan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini