Sukses

Jadi Ketua Komisi III, Bambang Pacul: Izin Dibimbing, Saya Tak Punya Background Hukum

Bambang Pacul meminta bimbingan para anggota Komisi III. Ia yakin tugasnya akan dibantu para kolega barunya di komisi hukum.

Liputan6.com, Jakarta - Anggota DPR Fraksi PDI Perjuangan Bambang Wuryanto resmi dilantik sebagai Ketua Komisi III. Meski bertugas di komisi membidangi hukum, politikus yang akrab disapa Bambang Pacul ini mengaku tidak memiliki latar belakang hukum.

"Kalau dicek sekolah, Bambang Pacul sekolah di teknik, kemudian MBA saya dan itu sama sekali tidak ada kaitannya dengan hukum," ujarnya di Komisi III DPR RI, Senin (22/11).

Maka itu, Bambang meminta bimbingan para anggota Komisi III. Ia yakin tugasnya akan dibantu para kolega barunya di komisi hukum.

"Ada Pak Kahar yang senior, Mas Habib yang sangat pakar hukum, dan tentu yang lain-lain yang tentu sudah paham hukum tentu nanti akan banyak membantu saya pastikan. Sebagai sahabat tentu akan membantu," ujarnya.

"Mohon izin saya dibimbing, karena saya sesungguhnya saya sama sekali tidak punya background hukum," imbuhnya.

Bambang pun menyebutkan, penugasannya sebagai Komisi III datang dari partai yang tidak bisa ditolak.

"Mohon izin karena ditugaskan sama dengan Pak Herman Hery, penugasan tidak bisa ditolak. Jadi kami akan jalani, tentu dengan pengalaman yang saya dapat. Ini prinsip politisi itu hanya satu yang selalu dipegang bersama-sama yaitu konsensus," tegasnya.

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Resmi Jadi Komisi III

Ketua Badan Pemenangan Pemilu (Bappilu) PDI Perjuangan Bambang Wuryanto alias Bambang Pacul resmi menjabat sebagai Ketua Komisi III DPR RI menggantikan Herman Hery. Bambang telah dilantik oleh pimpinan DPR RI di Komisi III DPR RI, Senin (22/11/2021).

"Tanggal 16 November 2021 perihal perubahan penugasan AKD, atas dasar tersebut maka terjadi perubahan susunan ketua komisi III dari unsur fraksi PDIP yaitu semula Herman Hery diganti Bambang Wuryanto," kata Wakil Ketua DPR RI Lodewijk Freidrich Paulus saat pelantikan.

Pergantian pimpinan Komisi III DPR RI itu pun disetujui oleh semua anggota Komisi III.

"Saya akan tanyakan apakah pergantian ketua komisi III dari unsur fraksi PDIP yang semula Herman Herry digantikan Bambang Wuryanto dapat disetujui?" kata Lodewijk.

"Setuju," jawab anggota yang hadir.

Susunan pimpinan Komisi II berubah. Ketua Bambang Wuryanto dari PDIP, Wakil Ketua dari Fraksi Golkar Adies Kadir, Fraksi Gerindra Desmond J. Mahesa, Fraksi NasDem Ahmad Sahroni, dan Fraksi PAN Pangeran Khairul Saleh.

"Kami atas nama pribadi maupun Pimpinan DPR menyatakan ucapan selamat kepada saudara Bambang Wuryanto yang dipercaya untuk menjadi ketua Komisi III DPR, semoga Tuhan YME selalu memberikan petunjuk kepada kita sekalian khususnya Pimpinan Komisi III DPR RI dalam melaksanakan tugas untuk bangsa dan negara, serta memperjuangkan aspirasi rakyat," ujar Lodewijk.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.