Sukses

Megawati, Prabowo, Puan Bertemu di Istana, Faldo Maldini: Tak Perlu Dipermasalahkan

Liputan6.com, Jakarta - Staf Khusus Menteri Sekretariat Negara (Stafsus Mensesneg), Faldo Maldini meminta agar pertemuan Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri, Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto, serta Ketua DPR RI Puan Maharani di Istana Negara pekan lalu, tak dipersoalkan.

Menurut dia, tak ada yang aneh dengan pertemuan ketiga elite politik itu di Istana Negara.

"Saya kira tidak ada yang perlu dipermasalahkan. Semua orang hadir di Istana Negara dengan kapasitas dan relevansinya. Artis juga sering ke istana, influencer juga, sampai peternak juga ada. Jadi, tidak ada yang aneh," kata Faldo Maldini kepada wartawan, Senin (22/11/2021).

Menurut dia, ketiga tokoh itu datang ke Istana Negara dengan kapasitasnya masing-masing. Megawati merupakan Presiden kelima RI dan tokoh senior yang dibutuhkan partisipasinya untuk pemerintahan. Puan Maharani sebagai Ketua DPR RI dan Prabowo sebagai Menteri Pertahanan.

"Tentu semuanya dalam kapasitas masing-masing," ucapnya.

Terkait Presiden Joko Widodo atau Jokowi yang tak ikut dalam pertemuan, Faldo mengatakan bahwa orang nomor satu di RI itu memiliki agenda lain. Terlebih, saat itu sedang ada agenda pelantikan Jenderal Andika Perkasa sebagai Panglima TNI.

"Presiden kan tidak harus ikut semuanya, sudah ada agenda masing-masing. Itu kan sedang dalam momen pelantikan Panglima, jadi itu duduk-duduk berfoto, sambil ngobrol. Ya biasa saja," ujarnya.

Faldo menilai wajar apabila tokoh politik berbicara soal politik ketika bertemu. Sehingga, tak ada hal aneh dalam pertemuan Megawati, Prabowo, dan Puan di Istana Negara tempo lalu.

"Orang politik ketemu ya pasti bicara politik. Tidak ada yang aneh lah. Becandaan saja pasti ada politiknya," jelas Faldo.

2 dari 2 halaman

Pertemuan Secara Kebetulan

Sebelumnya, Sekjen PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto mengakui ada pertemuan antara Megawati Soekarnoputri dan Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto di Istana Kepresidenan pada Rabu, (17/11/2021).

"Di situlah pembahasan berlangsung hangat. Tentu saja terkait politik kebangsaan, dan berbagai dinamika politik nasional," kata Hasto dalam keterangan diterima, Sabtu (20/11/2021).

Hasto menjelaskan, pertemuan mereka memang tidak dilakukan secara sengaja. Saat itu, secara kebetulan ketiganya datang untuk menghadiri pelantikan Panglima TNI Andika Perkasa dan KSAD Dudung Abdurachman di Istana Negara.

"Pak Prabowo berjalan cepat menuju tempat Bu Megawati. Lalu saya sampaikan ke Ibu, ada Pak Prabowo. Ibu Mega lalu menunggu, bersalam sapa dengan hangat, dan kemudian masuk ke ruangan VVIP bersama, dengan Mas Pramono Anung," jelas Hasto