Sukses

Pemprov DKI Jakarta Luncurkan Website Rendah Emisi, Apa Itu?

Website ini diharapkan dapat menjadi media bagi masyarakat untuk memantau perkembangan aksi perubahan iklim dan perbaikan kualitas udara di Jakarta.

Liputan6.com, Jakarta - Dinas Lingkungan Hidup Pemerintah Provinsi DKI Jakarta meluncurkan website pusat informasi tentang aksi perubahan iklim dan pengendalian pencemaran udara di Jakarta. Laman itu beralamat di http://rendahemisi.jakarta.go.id.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup, Asep Kuswanto mengatakan, website ini diharapkan dapat menjadi media bagi masyarakat untuk memantau perkembangan aksi perubahan iklim dan perbaikan kualitas udara di Jakarta sekaligus menjadi media informasi dan kolaborasi.

Website yang berjudul Jakarta Rendah Emisi ini mewakili visi hijau Jakarta dalam mengurangi emisi Gas Rumah Kaca (GRK) dan juga mengurangi emisi polusi udara. Logo dan visual website ini menggunakan warna biru dan hijau yang menggambarkan spektrum penurunan emisi polusi udara dan GRK.

“Website ini kami harapkan dapat menjadi pusat informasi dan media untuk publik terus memantau aksi-aksi perubahan iklim dan perbaikan kualitas udara di Jakarta,” ujar Asep Kuswanto dalam keterangan tulis, Jumat (19/11/2021).

Melalui laman ini, lanjut Asep, pihaknya menunjukkan satu langkah untuk meningkatkan transparansi mengenai aksi-aksi perubahan iklim, sehingga publik dapat mengikuti perkembangan dan juga turut menyumbang ide atau masukan untuk Jakarta yang berketahanan iklim dan mempunyai kualitas udara yang lebih baik.

“Jika publik tahu perkembangan aksi iklim dan kualitas udara, maka kami harapkan partisipasi mereka akan semakin meningkat dan juga melecut kinerja kami untuk menciptakan lingkungan yang lebih baik untuk warga Jakarta,” kata dia.

Di dalam website ini, dapat ditemukan dan dijelajahi publikasi kebijakan dan aksi perubahan iklim dan perbaikan kualitas udara, laporan, dan capaian aksi perubahan iklim dan pengendalian pencemaran udara oleh Pemerintah Provinsi DKI Jakarta, platform untuk kolaborasi, informasi data kualitas udara dan perubahan iklim.

Selain itu, publik juga dapat mendapatkan informasi praktis seperti lokasi pengetesan uji emisi dan kebijakan terbaru lainnya. Informasi dalam website ini tersedia bilingual dalam Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Jakankan Putusan Citizen Lawsuit

Website ini juga akan menjadi inisiatif Jakarta dalam melaksanakan amar putusan Citizen Lawsuit oleh Pengadilan Negeri Jakarta Pusat pada 16 September 2021 lalu. Pengembangan website ini dilakukan melalui kerja sama dengan yang merupakan hasil kerja sama antara Pemerintah Provinsi DKI Jakarta, Dinas Lingkungan Hidup DKI Jakarta, +Jakarta dan Vital Strategies dengan dukungan dari Bloomberg Philanthropies.

Vital Strategies telah bekerja sama dengan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta melalui Jakarta Clean Air Partnership Program (JCAP) yang berupa dukungan teknis untuk mengatasi polusi udara di Jakarta melalui peningkatan ketersediaan dan penggunaan data kualitas udara, analisa solusi kebijakan, dan efektifitasnya, serta mempromosikan kesadaran publik tentang dampak polusi udara bagi kesehatan.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.