Sukses

Pemkot Tangerang Pastikan Alat Berat dan Personil Siaga Satu Selama Musim Hujan

Pemerintah Kota Tangerang menyiagakan 200 lebih titik pompa di tiap titik banjir yang ada di wilayahnya.

Liputan6.com, Tangerang Pemerintah Kota Tangerang menyiagakan 200 lebih titik pompa di tiap titik banjir yang ada di wilayahnya. Tidak hanya itu saja, seluruh alat berat disiagakan dalam kondisi siaga satu selama musim hujan ini. Kesiagaan tersebut terlihat dalam Apel Siaga Bencana Kota Tangerang, di kawasan Pusat Pemerintahan Kota Tangerang, Selasa (16/11/2021). 

"Semua alat berat dalam kondisi siaga satu. Bukan hanya itu saja, petugas di lapangan dan juga masyarakat harus terus bersinergi," ungkap Wali Kota Tangerang, Arief R Wismansyah, usai apel digelar. 

Pada saat apel tersebut juga, beberapa alat berat milik Dinas Pekerjaan Umum yang biasa digunakan dalam pencegahan dan penanggulangan banjir, tampak diperiksa satu persatu kondisinya. Seperti beko, ekskavator berbagai ukuran, dan lainnya. 

"Tadi kita lihat kalau ekskavator itu semua ada 18 alat, belum lagi pompa mobile ada 8. Ini diluar pompa yang disiagakan di semua titik banjir yang ada di Kota Tangerang, itu ada 233 unit," tutur Arief.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Semua Alat Kondisi Siaga Satu

Menurut Arief, semua dalam kondisi siaga satu. Agar bila diperlukan sewaktu-waktu sudah siap digunakan atau didistribusikan ke wilayah. 

Selain itu, Arief juga mengecek kesiapan mobil tangki air milik PDAM Tirta Benteng. Biasanya tangki ini dikirim ke titik-titik pengungsian untuk ketersediaan air bersih. 

"Jadi kita tidak mengandel-ngandel, jadi antara petugas dan masyarakat kompak bersinergi dalam siaga bencana ini. Mudah-mudahan bencana alam ini bisa diantisipasi, seperti kita kompak menghadapi bencana non alam seperti Covid-19," tutur Arief.

3 dari 3 halaman

BPBD Tangerang Siagakan Alat Evakuasi

Sementara itu, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Tangerang, juga menyiagakan alat evakuasi bilamana bencana banjir tak bisa dihindari di wilayah tersebut. Menurut Kepala BPBD Kota Tangerang, Deni Koswara, terdapat 24 perahu karet yang saat ini sudah disiagakan. 

"Ada 24 perahu, semua dalam kondisi baik dan siap beroperasi.  Ada 12 alat angkut, pelampung, tambang, dan berbagai alat evakuasi lainnya,"tutur Deni. 

Selain itu, terdapat 360 personil BPBD yang juga disiagakan. Terdiri dari 100 personil setiap kali shift, sehingga personil bisa langsung ke wilayah bencana dengan segera.

 

(*)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini