Sukses

Jakarta dan Bandung Siap Jadi Tuan Rumah KTT Youth 20 Indonesia Tahun 2022

Liputan6.com, Jakarta Indonesia direncanakan akan menjadi tuan rumah Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Youth 20. Jakarta dan Bandung bakal jadi kota tempat konferensi anak muda dari seluruh negara anggota G20.

Mempersiapkan hal tersebut, Indonesian Youth Diplomacy (IYD), organisasi kepemudaan yang ditunjuk oleh Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) Indonesia sebagai penyelenggara Y20, melakukan audiensi kepada dua gubernur yang membawahi dua kota tersebut.

Ketua IYD Michael Victor Sianipar menyampaikan, Y20 di Indonesia tahun depan adalah momen bersejarah bagi keterlibatan anak muda dalam menentukan masa depan dunia.

“Ini kesempatan yang tidak akan terjadi setiap tahun, kita perlu menunggu 19 tahun lagi untuk jadi tuan rumah. Y20 Indonesia tahun depan harus kita persiapkan dengan baik sebagai momen bersejarah bagi pemuda Indonesia dan dunia,” ujar Michael, dalam siaran tertulisnya, Sabtu (21/10/2021).

Sementara, menurut Ketua Delegasi Indonesia KTT Y20 Saudi Arabia 2020 / Co-Head Divisi Program IYD, Rahayu Saraswati Djojohadikusumo, bukan tanpa alasan Jakarta dan Bandung dipilih sebagai sebagai tuan rumah penyelenggaraan Y20 tahun depan. Panitia penyelenggara ingin menunjukan, kota lain selain Jakarta di Indonesia, adalah kota yang besar dan meteopolitan.

"Tapi juga kota lain untuk menjadi gambaran keberagaman yang ada di Indonesia dari segi masyarakat maupun kondisi wilayah di sekitaran ibukota," kata Saras.

Selain dari itu, Jakarta dan Bandung merupakan tuan rumah untuk Urban 20 yang adalah mitra Engagement Group Y20. Sebelum Summit pun, Y20 Indonesia berharap dapat menunjukkan keberagaman Indonesia dengan mengadakan 4 Pre-Summit di wilayah Indonesia yang berbeda-beda.

Nantinya,KTT Y20 akan dibahas isu-isu prioritas seperti ketenagakerjaan pemuda, transformasi digital, keberlanjutan lingkungan hidup, serta keberagaman dan inklusi. Delegasi juga akan diajak untuk tidak hanya berdiskusi tentang isu-isu prioritas tetapi juga belajar tentang Indonesia.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 2 halaman

Anies dan Ridwan Kamil Mendukung

Sementara, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil secara terpisah menyampaikan dukungan terhadap pelaksanaan Konferensi Tingkat Tinggi Youth-20 (Y20) Indonesia yang akan diselenggarakan tahun depan.

Seperti yang diungkapkan Gubernur Anies Baswedan yang mengaku siap atas kedatangan seratus delegasi pemuda dari negara-negara G20 dan negara-negara yang diundang lainnya ke Jakarta dan Bandung pada bulan Juli 2022 nanti. Menurutnya, keberagaman dan inklusifitas adalah keunggulan dari Jakarta.

“Tidak ada kota lain di Indonesia yang punya tingkat keberagaman setinggi kota Jakarta. Meskipun beragam tapi bisa hidup berdampingan. Ini yang mesti ditunjukkan di event kelas internasional seperti Y20 nanti,” tegas Anies.

Secara terpisah, Ridwan Kamil juga menyampaikan bahwa selain maju dalam transformasi digital, Bandung memiliki nilai historis yang kuat.

“Penyelenggaraan KTT Y20 tahun depan sejalan dengan semangat diplomasi persatuan yang dibangun oleh Bandung sejak Konferensi Asia Afrika pada tahun 1955,” kata Ridwan.