Sukses

BPBD: Kebakaran Lahan Gambut di Aceh Barat Sudah Padam Seluruhnya

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Aceh Barat memastikan kebakaran lahan gambut di dua lokasi sudah berhasil dipadamkan seluruhnya.

Liputan6.com, Jakarta Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Aceh Barat memastikan kebakaran lahan gambut di dua lokasi sudah berhasil dipadamkan seluruhnya. Kedua lokasi itu ada di Desa Seuneubok Kecamatan Johan Pahlawan, dan Desa Peunaga Cut Kecamatan Meureubo.

"Sampai saat ini sudah padam total," kata petugas Pusat Pengendalian Data Operasi (Pusdalops) BPBD Aceh Barat Asrajuddin di Meulaboh, Aceh Barat, seperti dilansir Antara, Minggu 17 Oktober 2021.

Meski sudah padam total, BPBD masih memantau lokasi kebakaran lahan guna memastikan tidak ada lagi titik api yang muncul.

Asrajuddin mengakui upaya pemadaman di dua lokasi terpisah di Aceh Barat tersebut sejak sepekan terakhir mengalami kendala, di antaranya terbatasnya sumber air di lokasi kebakaran.

Selain itu, teriknya matahari dan kencangnya tiupan angin menyebabkan upaya pemadaman yang dilakukan petugas BPBD, TNI, Polri, relawan RAPI dan masyarakat juga ikut terganggu.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Petugas Ditarik ke Posko

Dengan tidak ditemukannya lagi api di lokasi lahan gambut, seluruh petugas pemadam kebakaran saat ini sudah ditarik ke posko dan tidak berada lagi di lokasi.

Namun, pihaknya masih terus melakukan pemantauan dan tetap mewaspadai terhadap kemungkinan adanya titik api yang bisa saja muncul, apabila panasnya cuaca di siang hari, demikian Asrajuddin.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.