Sukses

Jabodetabek PPKM Level 3, Wagub Jakarta Minta Kota Penyangga Kejar Vaksinasi

Pemerintah menyatakan, wilayah aglomerasi Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi (Jabodetabek) masih berada di PPKM level 3.

Liputan6.com, Jakarta - Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria meminta wilayah kota penyangga Ibu Kota dapat meningkatkan program vaksinasi Covid-19. Sebab saat ini level Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) di Jakarta juga dipengaruhi oleh wilayah kota sekitarnya.

"Tentu kita minta wilayah lain untuk sama-sama bekerja meningkatkan upaya kita, meningkatkan vaksin, melaksanakan protokol kesehatan Covid-19 disiplin ketat, dengan demikian level (PPKM) Jakarta bisa turun," kata Riza di Balai Kota, Jakarta Pusat, Rabu 6 Oktober 2021.

Politikus Gerindra tersebut menyebut, Jakarta memang tidak dapat dilepaskan dengan wilayah aglomerasi. Yakni Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi (Bodetabek).

"Kami memahami, mengerti sehingga pemerintah pusat masih memberikan Jakarta level 3 karena Jabodetabek tak bisa dipisahkan dari Jakarta," ucap Riza.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

PPKM Diperpanjang, Jabodetabel Level 3

Sebelumnya, Pemerintah memperpanjang PPKM Jawa-Bali. Untuk aglomerasi Jabodetabek, Menko Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan menyatakan wilayah itu masih berada di PPKM level 3.

Luhut menyebut sejumlah daerah di Jabodetabek belum memenuhi target vaksinasi di antaranya Kabupaten Bogor dan Tangerang sehingga masih diberlakukan PPKM level 3.

"Aglomerasi Jabodetabek belum turun, karena ada di Kabupaten Bogor, Kabupaten Tangerang dan Bekasi ini masih kekurangan vaksinasi level 3," ujar Luhut dalam konpers daring, Senin 4 Oktober 2021.

Dia pun meminta jajarannya membentuk gugus tugas untuk meningkatkan vaksinasi agar target tercapai. Total terdapat 2 juta vaksin bakal dikirimkan untuk mencapai target di tiga kabupaten tersebut.

"Kami akan melakukan task force untuk ini, jadi ada 2 juta vaksin yang akan kita suntikkan dalam waktu minggu-minggu ke depan. Setelah ini akan kita matangkan mengenai pelaksanaannya," kata Luhut.

3 dari 3 halaman

Jangan Jenuh 6M Meski Sudah Vaksinasi

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.