Sukses

Permintaan Turun, PMI Kota Tangerang Hentikan Sementara Donor Plasma Konvalesen

Dengan stok sebanyak itu, Oman berkeyakinan mampu mencukupi permintaan yang cenderung menurun untuk pasien Covid-19.

Liputan6.com, Jakarta Donor plasma konvalesen di PMI Kota Tangerang dihentikan untuk sementara waktu. Pasalnya, stok darah yang masih tersedia sementara permintaan yang menurun.

"Bukan dihentikan ya, tapi disetop terlebih dahulu. Karena permintaannya sudah menurun dan kita sudah ada stok," ungkap Ketua PMI Kota Tangerang, Oman Djumansah, Selasa (5/10/2021).

Oman juga menuturkan, hingga saat ini PMI Kota Tangerang masih memiliki 940 stok kantong plasma konvalesen. Dengan stok sebanyak itu, Oman berkeyakinan mampu mencukupi permintaan yang cenderung menurun untuk pasien Covid-19.

"Sekarang permintaannya hanya satu dua saja, ada juga permintaan dari rumah sakit luar daerah, seperti dari Bangka Belitung," katanya.

Stok yang tersedia sampai saat ini yakni untuk plasma konvalesen golongan darah A sebanyak 188 kantong, golongan darah B 371 kantong, golongan darah O sebanyak 332 kantong, dan golongan darah AB sebanyak 49 kantong.

PMI Kota Tangerang sendiri sudah menyalurkan plasma darah konvalesen kepada lebih dari 4 ribu pasien Covid-19. Antara lain untuk golongan darah A sebanyak 1.255 kantong, golongan darah B 1.338 kantong, golongan darah O sebanyak 1.880 kantong, golongan darah AB 320 kantong.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Tetap Siaga Permintaan Naik

"Kita berharapnya angka covid terus turun, hingga tidak ada lagi pasien Covid-19. Tapi kalau sewaktu-waktu permintaan kembali banyak, maka akan digiatkan kembali donor darah plasma konvalesen ini," katanya.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.