Sukses

Masker dan Vaksinasi Jadi Kunci Hidup Bersama Covid-19

Pemerintah mengajak masyarakat menerapkan kebiasaan baru, yaitu menggunakan masker dan melakukan vaksinasi Covid-19.

Liputan6.com, Jakarta Pemerintah mengajak masyarakat menerapkan kebiasaan baru, yaitu menggunakan masker dan melakukan vaksinasi Covid-19. Ini merupakan bagian persiapan menuju tatanan kehidupan baru yang berdampingan dengan Covid-19.

Badan Kesehatan Dunia atau World Health Organization (WHO) serta banyak negara di dunia, termasuk Indonesia, bersepakat pandemi tidak akan segera berakhir. Oleh karena itu, warga dunia harus siap untuk hidup bersama Covid-19 dalam jangka panjang.

Terlebih, para ilmuwan juga sudah memprediksi potensi pandemi menjadi endemi atau penyakit yang selalu ada di populasi atau wilayah tertentu.

"Langkah transisi dan adaptasi mesti mulai kita persiapkan untuk era gaya hidup baru tersebut, yaitugaya hidup sehat meski berdampingan dengan Covid-19," tegas Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G Plate dalam siaran tertulisnya.

Seiring dengan membaiknya situasi penanganan Covid-19 di Indonesia, pembukaan kembali kegiatan sosial dan ekonomi juga sudah dilakukan oleh pemerintah. Agar penyesuaian tersebut tidak memicu kenaikan kasus seperti yang terjadi di negara lain, maka penegakan protokol kesehatan harus tetap dilakukan.

"Terutama adalah melakukan vaksin dan menggunakan masker. Keduanya menjadi satu paket ikhtiarsetiap individu untuk bisa hidup sehat berdampingan dengan Covid-19. Dengan bermasker dan sudah divaksin maka masyarakat bisa bekerja, belajar, berolahraga, beribadah, dan melakukan berbagai kegiatan di mana saja dengan lebih aman," tutur Johnny.

Pulihnya perekonomian sejalan dengan kembali bergeliatnya aktivitas masyarakat seperti sebelumnya, lanjut dia, kini menjadi harapan semua orang. Pemerintah selaku pemangku kebijakan dalam hal ini sangat membutuhkan partisipasi masyarakat agar pandemi Covid-19 dapat dikendalikan.

"Masyarakat berkesempatan berkontribusi menurunkan kondisi pandemi. Utamanya dengan disiplin bermasker dan siap divaksin. Ini adalah upaya dari kita, oleh kita, dan untuk kita juga. Dengan ikhtiar ini, semoga dampak Covid-19 akan dapat ditekan dan kita tak perlu berlakukan lagi darurat PPKM. Ekonomi pun tetap jalan tanpa mengabaikan prioritas kesehatan," kata Johnny.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Vaksinasi Covid-19 di Tanah Air

Per 31 Agustus 2021, Indonesia telah melakukan 100 juta suntikan vaksin Covid-19. Capaian ini sejalan dengan upaya pemerintah yang terus menggencarkan program vaksinasi Indonesia. Terbukti, separuh dari 100 juta suntikan vaksin itu bisa diselesaikan dalam 2 bulan saja (Juli-Agustus 2021).

Upaya mempercepat program vaksinasi juga sejalan dengan komitmen pemerintah untuk terus memastikan ketersediaan vaksin di Indonesia. Dalam beberapa hari ini, Indonesia terus menerima kedatangan vaksin secara berkelanjutan. Hingga 1 September 20210, ketersediaan vaksin yang ada di dalam negeri telah mencapai lebih dari 218,5 juta dosis, baik bentuk bahan baku maupun vaksinjadi.

“Vaksinasi akan memperkecil risiko penularan. Apabila terpapar sekalipun, kita akan terhindar darigejala sakit berat atau akibat yang lebih fatal,” jelas Johnny.

Meskipun sudah divaksin, masyarakat diimbau untuk tidak lengah dan mengendurkan protokolkesehatan. Berkaca dari pengalaman beberapa negara di dunia, termasuk Indonesia, kelalaian masyarakat terhadap protokol kesehatan dapat memicu lonjakan kasus Covid-19.

“Karena itu, mari kita mulai kebiasaan baru dengan bermasker di manapun dan kapanpun, dan selalubersiap untuk vaksin bila stok tersedia. Sebaik-baiknya vaksin yang adalah vaksin vaksin yang telahtersedia dan siap digunakan. Hal ini merupakan bagian dari protokol kebiasaan baru bagi Indonesiayang bersiap menuju hidup bersama Covid-19,” pungkas Johnny.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Penyebaran Covid-19 ke seluruh penjuru dunia diawali dengan dilaporkannya virus itu pada 31 Desember 2019 di Wuhan, China

    COVID-19